Beranda » Informasi » Pengertian & Cara Kerja Gear Pump Hidrolik Lengkap

Pengertian & Cara Kerja Gear Pump Hidrolik Lengkap

cara kerja gear pump hidrolik
cara kerja gear pump hidrolik

Apa itu gear pump? Dan bagaimana cara kerja gear pump hidrolik? Bagi pengguna mesin, sudah seharusnya mengetahui komponen yang satu ini. Gear pump merupakan salah satu jenis spare parts pompa yang digunakan diberbagai mesin hidrolik.

Secara umum, pompa atau pump memang bermanfaat untuk mengalirkan cairan dengan kekentalan rendah seperti alkohol atau pelarut dan cairan dengan kekentalan sedang hingga tinggi seperti cat kain, karet cair, serta polimer.

Pengertian Gear Pump Hidrolik

Apa itu gear pump?

Gear pump adalah pompa hidrolik jenis positive displacement, karena sistem kerjanya yakni dengan menjebak volume tertentu, lalu dikeluarkan dalam volume konstan. Gear Pump berguna untuk memompa dan mengalirkan cairan. Gear pump merupakan salah satu jenis pompa yang paling umum untuk aplikasi fluida seperti mesin hidrolik pada industri, juga unit alat berat.

Umumnya, Gear Pump terdiri dari housing dengan dua penutup. Pompa bergerigi yang bertenaga dan berpenggerak ditopang dalam empat bantalan gesekan. Media dialirkan dari sisi hisap ke sisi tekanan pompa. Media yang dipompa dipindahkan dari antara celah antara gigi pada titik di mana gigi bertautan. Karena alasan ini, gear pump dikenal sebagai pompa perpindahan.

Pompa bergerigi ini digolongkan menjadi dua, yakni internal dan external gear pump.

Cara Kerja Gear Pump Hidrolik

Lalu, bagaimana cara kerja dari gear pump?

Dikarenakan pompa roda gerigi dikelompokkan menjadi dua jenis yaitu external dan internal, maka cara kerja gear pump adalah sebagai berikut.

Eksternal Gear Pump

cara kerja Eksternal Gear Pump

Ilustrasi Cara Kerja Eksternal Gear Pump

Pada roda gigi eksternal, gigi-gigi dari pompa membentuk ruang kosong melalui tautan antar gigi (mesh) dan cairan mengalir melalui rongga-rongga antar gigi tersebut. Kemudian cairan ditekan antara mesh lalu didorong menuju lubang discharge.

Gear pump bekerja dengan cara mengalirkan fluida melalui celah-celah antara gigi dengan dinding. Kemudian fluida dikeluarkan melalui saluran outlet karena sifat pasangan roda gigi yang selalu memiliki titik kontak. Suatu pasangan roda gigi secara ideal akan selalu memiliki satu titik kontak dengan pasangannya meskipun roda gigi tersebut berputar.

Hal inilah yang dimanfaatkan oleh mekanisme gear pump untuk mengalirkan fluida. Dengan kata lain, secara ideal fluida tidak akan masuk melalui titik kontak pasangan roda gigi tersebut.

Internal Gear Pump

cara kerja Internal Gear Pump

Ilustrasi Cara Kerja Internal Gear Pump

Sementara pompa roda gigi internal menggunakan dua buah elemen berbentuk gigi yang berputar membentuk ruang terisolasi (sealed chamber). Ruang isolasi ini volumenya bervariasi seiring dengan berputarnya elemen berbentuk gigi. Fluida akan masuk ke ruang terisolasi yang awalnya akan mengalami pembesaran dan kemudian mengalami penyempitan.

Internal gear pump bekerja dengan  memanfaatkan roda gigi dalam yang biasanya dihubungkan denganpenggerak dan roda gigi luar yang biasanya bertindak sebagai idler. Awalnya fluida masuk lewat suction port antara rotor (roda gigi besar0 dan idler (roda gigi kecil). Fluida kemudian masuk melalui celah-celah roda gigi. Bagian yang berbentuk seperti bulan sabit membagi fluida dan bertindak sebagai seal antara suction port dan discharge port. Fluida yang membanjiri discharge port akan terus didorong oleh fluida dibelakangnya sehingga fluidaterus mengalir.

Manfaat Hadirnya Gear Pump

Meskipun pompa hidrolik terdiri dari berbagai jenis, namun salah satunya gear pump tersendiri memberikan manfaat bagi kebutuhan penggunanya, seperti ;

  • Akurasi tinggi
  • Efisiensi tinggi
  • Biaya siklus hidup yang rendah
  • Ketersediaan tinggi
  • Perawatan cukup mudah.

Beli Gear Pump

Kami sebagai supplier hydraulic pump di Indonesia menjual berbagai kebutuhan spare parts hidrolik lengkap termasuk gear pump dari Rexroth lengkap dan dengan kualitas terbaik.

Gear Pump rexroth

Klik disini untuk sampaikan kebutuhan Anda kepada kami.

Kami juga menyediakan spare parts lainnya seperti

Hydraulic hose, hose assembly, hydraulic pump, hydraulic filter, valve, ball valve, connection test, pressure gauge, fire suppression system, level gauge, breather filler, pipe clamp, seamless tube, fittings ferule, quick release coupling, flexible pipe coupling, diaphrgham pump, hose reel, hydraulic power unit, hydraulic main component, dll.

Selesai sudah ulasan mengenai cara kerja gear pump hidrolik, semoga bermanfaat..

Bagikan Sekarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *