Beranda » Tips » Tips Jitu 7 Cara Merawat Silinder Hidrolik Dengan Mudah

Tips Jitu 7 Cara Merawat Silinder Hidrolik Dengan Mudah

cara merawat silinder hidrolik
cara merawat silinder hidrolik source google.com

Cara merawat silinder hidrolik tidaklah serumit yang dibayangkan pada umumnya. Silinder hidrolik erat kaitannya pada sebuah excavator. Untuk dapat bekerja dengan optimal, silinder hidrolik tak terlepas dari cairan fluida bernama oli.

Seringkali kita menemukan kasus dimana silinder hidrolik dapat alami kebocoran. Jika sudah bocor, waspadai bisa saja kerusakan menjadi merembet ke komponen lainnya. Umumnya, kerusakan pada silinder hidrolik disebabkan karena minimnya perawatan atau maintenance secara berkala. Akibatnya, kerusakan menjadi tak terhindarkan. Kalau sudah begini, siap-siap merogoh kocek hingga dalam.

Simak Cara Mudah Merawat Silinder Hindrolik

Untuk merawat silinder hidrolik, anda tidak perlu memanggil mekanik maintenance hidrolik. Kini anda dapat lakukan sendiri dan tentunya dengan cara mudah. Mau tau? Simak selengkapnya dibawah ini;

1. Dalam mengoperasikan pompa, diharuskan sesuai dengan batas yang disarankan oleh pabrik pembuatnya.

2. Pastikan dalam memasang pompa harus dengan alas dudukan yang kuat, hal ini dapat mencegah timbul getaran yang menganggu

3. Selama pengoperasian, jangan lupa untuk memeriksa keadaan suhu pompa. Pastikan suhu dalam keadaan stabil

4. Perhatikan kualitas minyak hidrolik yang digunakan. Jangan lupa untuk mengganti minyak secara periodik atau berkala untuk mencegah mesin menjadi overheat

5. Gunakan jenis filter udara yang sesuai dan tepat untuk spesikasi mesin. Hal ini bertujuan agar debu atau partikel udara dari luar mampu tersaring dengan baik sehingga kotoran tidak ikut masuk kedalam sistem hidrolik dan pompa.

6. Usahakan seluruh oli masuk secara keseluruhan ke dalam pompa. Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi kavitasi. Anda dapat mengaturnya dengan cara atur ketinggian permukaan oli dengan saluran masuk pompa.

7. Terakhir, pastikan anda memeriksa kondisi saluran yang akan masuk kedalam pompa. Lihat dan perhatikan  apakah terdapat gejala tersumbat atau tidak. Sebab sangat bahaya bila tersumbat akan menyebabkan udara masuk ke dalam sistem yang menimbulkan fluida berbuih.

Nah itulah ulasan mengenai cara merawat silinder hidrolik dengan mudah dan aman. Semoga bermanfaat dan jangan lupa dipraktekkan yaa..

Sampai jumpa di artikel selanjutnya..

Bagikan Sekarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *