Skip to content
Beranda » Hidrolik » Tips Memilih Oli Untuk Hidrolik System yang Tahan Lama

Tips Memilih Oli Untuk Hidrolik System yang Tahan Lama

oli untuk hidrolik
oli untuk hidrolik

Faktanya, masih banyak orang yang memilih oli untuk hidrolik atas dasar harga, yang penting murah. Bagaimana dengan kualitas olinya? Bersiaplah dengan resikonya. Ada banyak resiko yang bisa terjadi menimpa performa mesin hidrolik anda.

Imbasnya dapat terjadi baik jangka pendek hingga jangka panjang. Sebelum hal tersebut menimpa anda, ada baiknya anda mengetahui jenis atau tipe oli terbaik untuk mesin hidrolik anda. Jangan sampai kerusakan terjadi karena anda salah dalam melakukan perawatan, khususnya penggunaan oli hidrolik.

Kenali Tipe Oli Untuk Hidrolik

Ketika melakukan pembelian hidrolik alat berat, sebaiknya anda lakukan berikut ini:

  • Mencari tahu jenis oli apa yang cocok untuk digunakan
  • Mencari tahu perawatan khusus apa yang perlu dilakukan
  • Dan mencari tahu rekomendasi kapan sebaiknya ganti oli sesuai buku manual dan teknisi

Dengan melakukan hal-hal di atas, jikapun terjadi masalah pada mesin hidrolik, setidaknya garansi serta asuransi masih dapat diklaim atau dicover ketika terjadi kerusakan. Hal tersebut juga bertujuan dapat mengetahui apa yang harus dilakukan serta yang tidak boleh diberikan pada mesin alat berat.

Secara umum, tipe oli pada hydraulic system dibagi menjadi dua jenis yakni;

1. Oli Mesin (Engine Oil)

Pada umumnya, tingkat kekentalan oli mesin dinyatakan dengan unit SAE (Society of Automotive Engineers) atau kode API (American Proteleum Service). Misalnya SAE 10, SAE 20, SAE 30, dll. Perlu diingat. semakin menjauhi A maka tingkatan oli semakin bagus. Berikut contohnya;

  • Untuk diesel engine biasanya dikenal digunakan pada klas CA, CB, CC, CD.
  • Untuk gasoline engine digunakan pada klas SA, SB, SC, SD, SE, SF

2. Oli Hidrolik (Hydraulic Oil)

Umumnya oli hidrolik mempunyai jenis kekentalan dan klasifikasi sebagaimana yang dinyatakan pada oli mesin dalam cakupan SAE atau kode API. Namun hal nya dengan oli hidrolik yang memiliki spesifikasi berbeda yakni;

1. Tidak bisa dimampatkan

2. Mudah mengalir (fluidty)

3. Mempunyai sifat fisika dan kimia yang stabil

4. Mempunyai sifat melumasi

5. Menjaga terjadinya karat

6. Mudah menyesuaikan di tempat manapun

7. Dapat memisahkan partikel kotoran

Harga Oli yang Dibutuhkan Mesin Hidrolik

Spekulasi terkait jenis mesin hidrolik alat berat memang terkadang masih membuat bingung para pengguna hidrolik jenis merek apapun.

Jangan bingung. Pada dasarnya sangatlah mudah, karena pada dasarnya hal tersebut telah terdapat pada buku manual kendaraan yang biasanya diberikan ketika membeli kendaraan alat berat. Maka dari itu sebetulnya cukup mengacu buku manual.

Lalu berapa harga oli untuk hidrolik system?

Untuk harga olinya bervariasi mulai dari Rp 300 ribuan hingga Rp 10 jutaan rupiah. Yang membedakan tingkatan harga yakni jumlah liter dan spesifikasi SAE tergantung kebutuhan mesin hidrolik anda.

Baca juga ini Simak 16 Daftar Jual Selang Hidrolik Terdekat Sekitarnya

Perawatan Oli Untuk Hidrolik

Perlu diketahui, tangki oli hydraulic system dapat berubah menjadi kotor sebab partikel yang dibawa dari luar mesin. Lama kelamaan, partikel berubah menjadi endapan dan bermuara pada tangki oli. Alhasil, tenaga menjadi brebet sehingga performa tidak nyaman ketika digunakan.

Selain mengganti oli hydraulic system, salah satu perawatan mesin yang tidak kalah penting yakni dengan melakukan flushing untuk mengangkat partikel kotoran menganggu secara menyeluruh pada oli hydraulic system.

Untuk anda yang membutuhkan layanan flushing terpercaya, Cipta Hydropower Abadi adalah solusinya. Menghadirkan layanan flushing langsung dilakaukan oleh teknisi berpengalaman. Selengkapnya cek layanan service flushing Cipta Hydropower Abadi disini.

Itulah ulasan terkait oli untuk hidrolik yang berekomendasi. Semoga dapat diajdikan sebagai rujukan terpercaya dalam memilih tipe oli mesin anda..

Bagikan Sekarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *