Skip to content
Beranda » Tips » Pompa Tambang Rusak? Kenali Penyebab Lengkapnya

Pompa Tambang Rusak? Kenali Penyebab Lengkapnya

pompa tambang rusak
pompa tambang rusak

Ketika pompa tambang rusak, apa yang harus dilakukan? Jangan panik, kenali penyebab selengkapnya melalui ulasan berikut ini.

Tidak hanya mesin pabrik industri, bahkan unit alat berat pertambangan juga mengharuskan pompa hidrolik harus dalam kondisi prima agar mesin dapat bekerja secara optimal. Pasalnya, pompa memang telah menjadi jantung bagi nyawa sang mesin. Tanpa pompa pada pertambangan, maka industri pertambangan dapat kacau dan hancur seketika sebab produksi yang tidak optimal.

Meskipun sudah didesain secanggih mungkin hingga menggunakan brand unggulan harga termahal, namun tetap saja peluang kerusakan pompa hidrolik pada pertambangan dapat terjadi sewaktu-waktu, dikarenakan faktor internal hingga eksternal.

Pompa Tambang Rusak

Berikut ini beberapa faktor yang disinyalir sebagai penyebab pompa tambang menjadi rusak, diantaranya;

1. Tersumbatnya Pompa

Unit tambang tidak luput dari material pasir dan tanah. Sehingga jika filter dalam kondisi kurang optimal maka dapat memicu perpadatan suspensi pompa. Oleh sebab itu, dampaknya fluida dapat tercampur dengan material korosi tersebut. 
Hasil yang didapatkan yakni tekstur berlendir yang dapat menyumbat pompa.

2. Terjadinya Korosi Hingga Karat

Karat memang sudah identik timbul pada material besi dan sejenisnya. Munculnya korosi hingga karat pada pompa sudah pasti penyebabnya ialah cairan yang kotor.

Hal ini dikarenakan cairan dalam proses penambangan adalah salah satu yang paling mudah menguap dan dapat terkena langsung kepada pompa pertambangan. Dari fluida dengan suhu panas, besi atau pasir, hal inilah yang akan membebani pompa ditambah akan membuat korosi lambat waktu.

3. Overheat atau Kepanasan

Pernah mengalami overheat pada unit? Hari-hati, bisa jadi pompa ikutan bermasalah.
Pada dasarnya, kondisi overheat dapat terjadi karena tekanan yang didapati melampaui batas maksimal kapasitas mesin. Akibatnya, mesin tidak dapat bekerja selayaknya hingga menyebabkan tekanan makin tinggi.

Sebagian pompa dapat mengalami overheat ketika pengoperasian yang lama dan panel kontrol unit tidak memiliki perlindungan beban rendah apa pun, maka pompa akan menjadi kering dan terlalu panas.

4. Kerusakan Kabel

Faktor yang paling sering terjadi pada pompa pertambangan adalah kerusakan pada kabel, entah dari panasnya pengoperasian, ataupun bisa dari elemen lain dari pertambangan ataupun bisa dari faktor lainnya.

Kabel yang rusak atau bahkan putus maka dapat menyebabkan pompa berhenti berfungsi, atau lebih parahnya lagi menyebabkan kegagalan motor atau korsleting. Kabel yang rusak juga bisa disebabkan oleh pelaku lain, atau juga bisa pompa tidak pernah di maintenance secara rutin.

5. Hose Getas Hingga Bocor

Meskipun sebagian pengguna masih kerap menganggap spele hose, namun dampaknya hose yang mengalami kebocoran dapat menyebabkan pompa mengalami masalah. Alasannya, fluida yang dialirkan menjadi kurang optimal sehingga asupan atau supplai ke pompa pun terhambat.

Gunakan Pompa Tambang Berkualitas

Stop memilih pompa abal-abal alias tiruan. Menggunakan pompa dengan kualitas rendah justru dapat merenggut performa alat berat. Jangan sampai hal ini menimpa anda!

Jika ditilik lebih jauh, nyatanya hingga saat ini keberadaan merek komponen tersebut sudah mencapai ratusan bahkan ribuan. Apakah semua merek tersebut menghadirkan jaminan kualitas yang tepat untuk mesin hidrolik? Jawabannya tentu tidak.

Pastikan anda menggunakan produk merek dengan jaminan kualitas terbaik demi menunjang performa mesin hebat!

Rexroth Solusi Pompa Hidrolik Tambang

pompa hidrolik tambang rexroth

Merek Rexroth tersebut telah sukses menuai kontribusi yang besar bagi pengguna mesin hidrolik perusahaan ternama di berbagai negara, salah satunya Indonesia.

Rexroth dilengkapi dengan beragam aksesori pompa, yakni terdiri dari segel pengganti, katup pengaman, flensa pemasangan, braket, dan adaptor membuat pemasangan lebih mudah dan lebih cepat.

Selain itu, merek Rexroth juga cocok digunakan untuk berbagai jenis industri, pertambangan, dan teknologi.

Oleh sebab itu, tidak jarang banyak pengguna yang menjadikan produk Rexroth sebagai merek favorit untuk segala jenis mesin industri maupun pertambangan.

Lihat toko pompa hdirolik terdekat disini.

Itulah beberapa masalah atau penyebab yang sering ditemukan pada pompa pertambangan. Oleh sebab itu, cegah lebih dini salah satunya dengan menggunakan pompa hidrolik berkualitas. Semoga dengan hadirnya artikel diatas dapat bermanfaat untuk kita bersama.

Bagikan Sekarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *