Beranda » Hidrolik » Dampak Cuek Filter Hidrolik Kotor Bikin Mesin Rusak

Dampak Cuek Filter Hidrolik Kotor Bikin Mesin Rusak

filter hidrolik kotor
filter hidrolik kotor

Tidak hanya kendaraan, mesin pabrik hingga alat berat pun memiliki filter. Nyatanya, filter hidrolik kotor dapat menimbulkan berbagai peluang kerusakan mesin sewaktu-waktu. Ketika mesin sudah mengalami masalah hingga muncul kerusakan lainnya, mau tidak mau pengguna harus menghubungi layanan servis mesin hidrolik terdekat dengan jaminan klaim garansi mudah.

Umumnya, filter berfungsi sebagai penyaring kotoran dari  bekas gesekan komponen mesin serta residu lainnya. Nah ketika dinding filter sudah dipenuhi oleh kotoran maka fungsi filter perlahan menurun sehingga peluang kerusakan mesin dapat timbul dengan mudah.

Dampak Filter Hidrolik Kotor

Lalu apa dampaknya jika kondisi filter kotor didiamkan terus-menerus?

1. Oli cepat kotor

Sebelum mengganti oli, biasakan juga untuk mengganti filter hidrolik atau setidaknya lakukan pengecekan untuk memastikan kondisi filter masih dapat bekerja optimal. Nyatanya masih banyak yang belum sadar bahwa penyebab oli kotor juga disebabkan dari kondisi dinding filter yang sudah tebal.

Dampaknya, oli baru lebih cepat terkontaminasi sehingga menurunkan kualitas tenaga mesin,

2. Temperatur mesin panas

Hati-hati, berawal dari filter kotor dapat menyebabkan temperatur mesin panas hingga memicu gejala overheat. Hal ini dikarenakan kotoran residu yang terbawa kedalam ruang pembakaran mesin tidak mampu diserap maksimal sehingga menumouknay kotoran dalam ruang pembakaran,

3. Hidrolik low power

Bebrapa pengguna diantaranya masih banyak yang mengeluhkan tenaga hidrolik hilang atau low power. Umunnya, penyebab low power disebabkan karena oli yang kotor. seperti yang sudah diulas sebelumnya bahwa oli yang kotor memang mempengaruhi kondisi mesin hingga kehilangan tenaga.

Solusi Filter Hidrolik Kotor

Berikut beberapa cara yang apat dilakukan untuk mengatasi filter hidrolik yang sudah kotor, diantaranya;

1. Ganti filter hidrolik

Rasanya sangat wajib sekali untuk mengganti filter yang sudah tidak berfungsi karena menumpuknya kotoran. Jangka waktu penggantian filter balik hidraulik adalah 250 jam untuk pertama kalinya, dan kemudian diganti setiap 500 jam. Namun jika mesin beroperasi pada lingkungan yang rentan kotor seperti mesin baja, disarankan untuk lebih sering mengganti.

Pastikan pilih filter hidrolik yang berkualitas resmi.

2. Hydraulic oil flushing

Banyak pengguna yang masih belum mengetahui manfaat dari hydraulic oil flushing. Dengan menggunakan tools khusus, hydraulicmoli flushing berfungsi sebagai pembasmi kerak kotoran pada wadah tangki oli hidrolik. Jadi, tidak hanya mengganti filter dan oli namun juga memastikan tangki hidrolik bersih menyeluruh sebelum dilakukan penggantian oli secara berkala.

Layanan hydraulic oil flushing tools bisa anda dapatkan di Cipta Hydropower Abadi. Selain untuk mesin industri & manufaktur, juga tersedia layanan flushing alat berat.

Demikian ulasan tips filter hidrolik kotor diatas. Semoga bermanfaat..

Bagikan Sekarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *