Beranda » Tips » 5 Tips Mengoperasikan Alat Berat yang Aman Bagi Pemula

5 Tips Mengoperasikan Alat Berat yang Aman Bagi Pemula

mengoperasikan alat berat
mengoperasikan alat berat

Selain mengetahui cara mengoperasikan alat berat, para pengguna pemula juga harus mengetahui sederetan tips sederhana dan bermanfaat agar terhindar dari berbagai hal yang tidak diinginkan. Pasalnya, keselamatan area kerja juga ditentukan sepenuhnya dari si operator pengguna alat berat baik sebelum mengoperasikan maupun sesudah selesai menggunakan unit.

Mengoperasikan alat berat tentu jauh berbeda dengan mengemudikan kendaraan pribadi layaknya roda empat. Selain mengetahui fungsi dari fitur kabin, pengguna juga harus edukasi dasar tentang kegunaan dari komponen unit alat berat.

Tips Mengoperasikan Alat Berat

Setelah mengetahui kaidah cara mengoperasikan alat berat, jangan lupa lakukan beberapa tips mudah dan aman yang harus dilakukan oleh sang operator, selengkapnya berikut ini :

1. Pemeriksaan keliling unit

Sebelum menaiki ruang kabin, ada baiknya untuk terlebih dahulu berjalan mengelilingi sekitar unit mulai dari memeriksa pada bagian bawah hingga bagian atas. Pastikan unit dalam keadaan baik tanpa gangguan.

2. Pemeriksaan engine

Kaitannya dengan engine, Anda harus memastikan oli mesin, oli hidrolik alat berat, air radiator, instalasi kabel, ruangan mesin, air accu, dan lain-lain dalam keadaan baik kualitasnya serta cukup tanpa kekurangan.

3. Pelumasan alat gerak

Pastikan pelumasan optimal secara menyeluruh terhadap seluruh sendi-sendi gerak pada alat kerja. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya aus atau keropos yang dapat menyebabkan hambatan performa mesin.

Jangan lupa pastikan semua perangkat unit dalam keadaan terlumasi dengan grease yang bagus.

4. Pemeriksaan ruangan kabin operator

Periksa kontrol panel dan pastikan tampilan di layar monitor dalam keadaan baik dan jelas. Anda dapat membersihkan ruangan kabin, kaca, dan sebagainya dengan lap lembut. Setel tempat duduk, pasang sabuk pengaman dan pastikan Anda berada dalam posisis duduk yang nyaman.

5. Pemanasan mesin

Setelah itu, kini hidupkan mesin dan pastikan asap dan suara mesin dalam keadaan normal. Jika temperatur mesin dan sirkulasi oli hidrolis sudah cukup, mulailah beroperasi seperti biasanya.

Sesudah Mengoperasikan Alat Berat

Setelah selesai, sebagai operator yang bijak dan bertanggung jawab harus memarkirkan alat berat di tempat yang datar dan aman. Lalu cek kembali unit mesin dan bersihkan kabin operator sambil mengamati panel indikator.

Lalu, periksa kembali semua sistem pengaman dan pastikan alat dalam keadaan aman. Terakhir, serahkan kunci kontak kepada pengawas sebagai tanda berakhirnya tugas operator.

Mudah bukan?

Nah demikian ulasan seputar tips alat berat agar aman untuk bersama. Selamat bekerja dengan tetap mengutamakan keselamatan kerja.

Semoga bermanfaat..

Bagikan Sekarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *