Skip to content
Beranda » Hidrolik » Macam Macam Filter Hidrolik System & Fungsinya Lengkap

Macam Macam Filter Hidrolik System & Fungsinya Lengkap

macam macam filter hidrolik
macam macam filter hidrolik

Membahas komponen hidrolik memang membutuhkan cakupan luas, salah satunya mengetahui macam macam filter hidrolik yang biasanya digunakan pada mesin industri maupun alat berat. Pasalnya, setiap mesin memiliki spesifikasi beragam hingga berkaitan dengan pemilihan jenis filter hidrolik.

Bagi pengguna mesin, rasanya memang sudah tidak memerlukan ulasan ini. Namun hadirnya ulasan dibawah ini justru dapat bermanfaat bagi calon praktisi mesin maupun masyarakat awam yang hendak mendalami cakupan suku cadang hydraulic system.

Hydraulic system atau sistem hidrolik merupakan suatu komponen penggerak yang mengacu pada fluida hidraulik. Fluida diubah melalui pompa hidrolik untuk diubah menjadi tenaga mekanik dalam menggerakkan mesin aktuaktor. Nah agar oli yang dihasilkan berkualitas, disinilah filter hidrolik memiliki peranan sebagai penyaring oli sebelum diolah menjadi bahan bakar.

Macam Macam Filter Hidrolik

Sekilas kita telah mengetahui pengertian hydraulic system secara singkat serta peranan dari filter hidrolik. Secara umum, filter hydraulic system terbagi menjadi dua jenis, berikut ulasannya;

1. Surface Filter 

surface filter

Merupakan jenis filter yang dapat menyaring partikel dengan mengandalkan pada sisi permukaan dari media filternya.
Menggunakan jenis surface filter memiliki kelebihan tersendiri, yakni flow yang melewati media filter memiliki hambatan lebih kecil. Namun disatu sisi, kekurangannya yakni kemampuan menampung partikel yang tertangkap (dirt holding capacity) cencerung sedikit.
Berikut beberapa jenis diantaranya;
a. Wire Mesh Filter 
Wire mesh filter terbuat dari anyaman kawat kecil, biasa juga disebut strainer. Dapat digunakan pada oli hidrolik maupun lubrikasi dengan tingkat visikositas yang rendah hingga tinggi.
b. Metal Edge Filter 
Metal edge filter terbuat dari plat berbentuk gelang-gelang, sehingga jika disusun akan membentuk silinder bercelah, biasanya disebut screen. Bahan filter dapat terbuat dari logam atau cetakan kertas yang diberi tonjolan di salah satu sisinya.
c. Plated Paper Filter 
Plated paper filter tersusun dari lipatan kertas yang terbuat dari bahan selulose yang dicetak menjadi kertas filter dan diberi bingkai agar tahan terhadap perbedaan tekanan.

2. Depth Filter 

depth filter

Untuk jenis filter ini biasanya memiliki ciri khas dari bahan saringan yang sangat banyak jumlahnya. Ketebalan dari media filternya digunakan untuk menangkap partikel. Dapat dilihat dari lapisan-lapisan dengan diameter lubang yang berbeda, dari tingkatan kasar pada lapisan luar sampai pada lapisan halus yang terletak pada bagian dalam yang disesuaikan dengan ukuran mikron dan filter.
Kelebihannya, filter jenis ini diklaim sebagai filter dengan efisiensi penyaringan yang cukup bagus. Sayangnya, kekurangan terdapat pada hambatan yang dimiliki cukup besar ketika dialiri oli. Penggunannya lebih kepada oli hidrolik maupun lubrikasi dengan visikositas yang rendah.

Penyebab Kontaminasi Padatan Filter Hidrolik

Tidak hanya kendaraan Anda, namun filter hidrolik yang terdapat pada mesin-mesin besar juga memiliki beragam masalah yang perlu ditindaklanjuti agar kinerja terjaga dengan optimal.

Kontaminasi Padatan Filter Hidrolik

Berikut beberapa penyebab padatan oli pada hidrolik diantaranya sebagai berikut;

  1. Oli kurang higienis sebab sudah belum digunakan sudah mengandung kotoran padat lebih dari 75000 per 100 ml dengan ukuran di atas 5µ.
  2. Berbagai komponen mesin pada pompa, saluran pipa, valveheat exchanger, semua membawa kotoran padat yang berasal dari proses pembuatannya.
  3. Terjadi pengikisan (aus) dari berbagai komponen mesin sehingga menghasilkan kotoran padat
  4. Faktor beban kerja dan putaran mesin yang tinggi akan meningkatkan jumlah partikel komponen mesin yang terabrasi.
  5. Kotoran padat juga dibawa oleh udara sekitar yang dapat masuk ke dalam mesin melalui breather, silinder seal pada sistem hidrolis, atau tekanan vakum pada bearing.
  6. Faktor lingkungan yang kurang bersahabat, misalnya mesin yang beoperasi pada wilayah gurun pasir dapat memunculkan peluang kontaminasi padatan dibandingkan dengan lingkungan lain.

Solusi Mengatasi Kontaminan Padat

Dibalik masalah sudah pasti terdapat solusi untuk mengatasi penyebab diatas. Berikut yang dapat dilakukan diantaranya;

1. Metode Purging 

Teknik dari metode ini yakni tidak membiarkan udara bebas masuk ke dalam tanki oli. Caranya dengan mengisi bagian tanki yang kosong dengan bahan lain seperti gas nitrogen atau instrument air (udara yang sudah bebas dari kotoran padat dan uap air).

2. Metode Isolasi

Teknik dari metode ini yakni menggunakan isolasi atau sistem seal yang tepat pada bagian-bagian dari sistem pelumas ataupun hidrolis yang berpotensi masuknya udara ke dalam sistem.

3. Metode Breather 

Teknik dari metode ini yakni dengan menggunakan filter pada tangki oli hidrolik dengan bertujuan mencegah kotoran masuk kedalam tangki.

4. Metode Fuel Flushing Tools

Teknik dari metode ini yakni dengan membersihkan tangki hidrolik secara menyeluruh dan saluran fluida pada mesin.

Nyatanya, Flushing tools merupakan salah satu perawatan penting demi menjaga kesehatan mesin agar tidak mudah rusak. Agar hasil flushing maksimal, tentu membutuhkan user man dan peralatan canggih. Nah dalam hal ini sebagai pengguna sudah seharusnya mencari jasa flushing terpercaya.

flushing-tools

Layanan flushing tools Cipta Hydropower Abadi dapat menjadi solusi tepat bagi mesin anda. Hubungi whatsapp di 08111-77633

Nah selesai sudah ulasan tentang macam macam filter hidrolik serta meninjau penyebab masalah serta solusi pada filter hidrolik. Semoga hadirnya ulasan diatas dapat menjadi pengingat bagi kita bahwa pentingnya menjaga kesehatan filter hydraulic untuk menjaga performa mesin.

Bagikan Sekarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *