Beranda » Hidrolik » Apa Itu Sistem Hidrolik? Intip Pengertian dan Cara Kerjanya

Apa Itu Sistem Hidrolik? Intip Pengertian dan Cara Kerjanya

sistem hidrolik
sistem hidrolik

Apa itu sistem hidrolik? Sistem hidrolik merupakan salah satu teknik mekanikal yang digerakkan melalui oli hidrolik (fluida). Oli hidrolik dijadikan sebagai sumber tenaga utama dalam menggerakkan attachment mesin agar dapat bekerja sesuai porosnya.

Hingga saat ini, kebutuhan hidrolik terus merambah diberbagai sektor peerusahaan, bisnis otomotif, hingga kehidupan sehari-hari. Secara langsung, hadirnya hydraulic system memberikan angin segar kepada para penggiat bisnis demi tercapainya efisiensi pekerjaan.

Tak ayal bila kebutuhan hidrolik kini meningkat pesat diberbagai perkotaan. Diantaranya yakni hose, pipe crimping, pompa hidrolik, filter elements, clamp pipa, fittings, dan masih banyak lainnya.

Pengertian Sistem Hidrolik

Apa itu sistem hidrolik?

Sistem hidrolik adalah suatu bentuk pemindahan tenaga dengan menggunakan media penghantar berupa fluida cair (biasanya oli) untuk memperoleh daya yang lebih besar dari daya awal yang dikeluarkan.

Pada dasarnya, sistem hidrolik adalah sebuah rangkaian komponen yang memanfaatkan zat cair (fluida) untuk menghasilkan energi mekanis. Sistem hidrolik merupakan suatu bentuk perubahan atau pemindahan daya dengan menggunakan media penghantar berupa fluida cair untuk memperoleh daya yang lebih besar dari daya awal yang dikeluarkan.

Intip Cara Kerja Sistem Hidrolik

Bagaimana cara kerja sistem hidrolik?

Pertanyaan tersebut kerap mencuat diberbagai kalangan baik akademisi, masyarakat, maupun pengguna mesin yang masih awam.

Nah, berikut Mekanik Hydro jelaskan cara kerja sistem hidrolik secara umum. Simak selengkapnya dibawah ini.

Dalam prosesnya, oli atau fluida bekerja dihantarkan melalui pompa hidrolik. Dalam pompa hidrolik, tekanan hidrolik berubah menjadi bertekanan tinggi. Selanjutnya, fluida kembali diteruskan diteruskan ke silinder kerja melalui pipa-pipa saluran dan katup-katup. Gerakan translasi batang piston dari silinder kerja yang diakibatkan oleh tekanan fluida pada ruang silinder dimanfaatkan untuk gerak maju dan mundur.

Nah, kira-kira komponen apa sajakah yang tercakup digerakkan oleh fluida tersebut?

1. Tangki Hidrolik

Tangki hidrolik atau hydraulic tank merupakan penampung oli yang menjadi penggerak. Secara langsung, tangki hidrolik juga memiliki fungsi sebagai pendingin bagi oli yang telah melalui rangkaian sistem hidrolik.

2. Pompa Hidrolik

Nah, pompa hidrolik berfungsi sebagai penghasil aliran tekanan fluida hidrolik untuk selanjutnya diubah menjadi tenaga dalam menggerakkan attachment mesin.

3. Katup Pengontrol (Control Valve)

Tidak kalah penting, katup pengontrol atau control valve berfungsi sebagi pengarah oli menuju komponen yang membutuhkan untuk digerakkann.

4. Aktuator

Lanjut, aktuaktor merupakan sebuah komponen peralatan mekanis yang bertugas menggerakkan atau mengontrol perangkat sistem hidrolik. Melalui komponen ini, energi hidrolik dapat diubah menajdi energi mekanis.

5. Katup Pengatur Tekanan (Main Relief Valve)

Fluida yang masuk kedalam sistem hidrolik diatur tekanannya melalui katup pengatur tekanan atau main relief valve. Hal tersebut guna mencegah tekanan yang terlampau tinggi hingga dapat menyebabkan sistem rusak atau bahkan tidak dapat berfungsi.

6. Filter

Filter memiliki fungsi sebagai penyaring kotoran partikel debu atau berbagai zat kontaminasi lainnya yang berpeluang dapat menghambat sirkulasi hydraulic system.

Cari Suku Cadang Sistem Hidrolik Berkualitas

Tak ayal sejumlah pengguna mengakui mengalami kesulitan dalam mencari suku cadang hidrolik berkualitas. Dengan menilik kualitas, maka berbagai kerusakan mesin dapat diminimalisir.

Namun, pertanyaannya bagaimana cara mencari suku cadang hydraulic system berkualitas?

Pada dasarnya, banyak beragam cara dalam mendapatkan suku cadang hydraulic system berkualitas. Nah, kira-kira apa saja itu?

1. Harga Sesuai Pasaran

Ingat, jangan terjebak pada harga murah sebab harga yang diabnderol murah belum tentu memiliki kualitas terbaik.

Baca Juga Ini Wajib Pastikan Selang Hidrolik Murah Namun Berkualitas

2. Pilih Merek Favorit

Tidak ada salahnya untuk memilih merek favorit yang sudah banyak digunakan oleh para pengguna hidrolik profesional. Secara langsung, hal tersebut menunjukkan bahwa merek tersebut memang memiliki kualitas terbaik sehingga dipilih untuk digunakan.

3. Pilih Distributor Resmi

Nah, tips terakhir yakni pilih distributor resmi. Jika dibandingkan dengan toko hidrolik lainnya, distributor resmi memiliki sejumlah kelebihan, sala satunya yakni produk sudah terjamin resmi legal.

Distributor resmi terpercaya yakni Cipta Hydropower Abadi.

Sudah berkiprah hampir 40 tahun menghadirkan berbagai kebutuhan hydraulic system yang langsung didapatkan dari pihak produsen. Memiliki layanan quality control demi memastikan kualitas terjaga dengan baik hingga sampai kepada tangan konsumen.

Konsultasi dan pemesanan silahkan hubungi melalui nomor WA 08111-77633 atau email info@ciptahydropower.com

Semoga ulasan diatas diatas dapat menjadi solusi terpercaya bagi Anda saat ini.

Bagikan Sekarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *