Tanggul Air Tabalong Jebol Sebabkan Korban Tewas

tanggul air tabalong jebol
harga hose eaton winner

Tanggul Air Tabalong Jebol, Benarkah? Baru-baru ini dikabarkan peristiwa jebolnya tanggul air di lokasi tambang di Kecamatan Haruai, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan (Kalsel) mengakibatkan satu pekerja tewas. Akibat kejadian ini, dikabarkan dua orang pekerja tenggelam di lokasi kejadian dilansir dari Kasat Reskrim Polres Tabalong, Iptu Galih Putra Wiratama.

Kecelakaan kerja tersebut mengakibatkan 2 orang tenggelam akibat jebolnya tanggul air, 1 orang selamat atas nama Sdr. Maruto, sopir dump truck dan 1 orang meninggal dunia atas nama Puranam (47) warga kelurahan Pembataan, kecamatan Murung Pudak, Tabalong yang tertimbun lumpur dan air , tidak bisa keluar dari dalam kabin excavator.

Lalu, bagaimana kronologinya?

Kronologi Tanggul Air Tabalog Jebol

Ternyata seperti ini  kejadiannya.

Menurut sejumlah para saksi, sebelum beraktifitas para pekerja tidak melihat adanya tanda-tanda tanggul akan jebol. Oleh sebab itu, para pekerja bekerja seperti biasanya.

Posisi lokasi korban saat bekerja dengan kolam penampungan air hanya dibatasi tanggul tanah dengan lebar 2 meter, kolam penampungan air diperkirakan berdiameter 50 meter persegi dan lokasi kerja seluas sekitar 15 meter, kedalaman galian sekitar 4 meter dan panjang galian sekitar 100 meter dan posisi air dalam kolam penampungan lebih tinggi dari lokasi kerja yang baru dibuat 5 hari sebelum terjadi kecelakaan.

Tanggul Jebol Seketika

Namun tiba-tiba, kolam penampungan air jebol yang mengakibatkan air bercampur lumpur yang berada di kolam penampungan tersebut masuk kedalam lokasi kerja korban dan saksi berada.

Saat jebol, air bercampur lumpur yang begitu cepat masuk dan menggenangi lokasi kerja korban sehingga korban tidak sempat menyelamatkan diri keluar dari cabin excavator tersebut. Sementara rekan kerja lainnya sempat keluar dari kabin dump truck tersebut.

Ketika dilakukan evakuasi, korban berhasil ditemukan namun sudah dalam kondisi tidak sadarkan diri. Rekan lainnya segera membawa ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pertolongan. Namun, nyawa korban sudah tidak bisa diselamatkan.

Walaupun demikian, Polisi setempat masih memastikan akan tetap melakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebab jebolnya tanggul hingga menyebabkan seorang pekerja tewas.

 

Sumber :

  • Warta Banjar dalam artikel bertajuk “Tanggul Air Tambang PT BPA Desa Seradang Tabalong Jebol, Satu Orang Meninggal”
  • Kompas dalam artikel bertajuk “Tanggul Air Jebol di Lokasi Tambang Tabalong, Seorang Pekerja Tewas”
Bagikan Sekarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *