Skip to content
Beranda » Tips » Intip Tips Lengkap Cara Memasang Hidrolik Hose Dengan Mudah

Intip Tips Lengkap Cara Memasang Hidrolik Hose Dengan Mudah

cara memasang hidrolik hose
cara memasang hidrolik hose source google.com

Tidak banyak orang yang menyadari cara memasang hidrolik hose dengan tepat dan benar. Salah-salah dalam pemasangan, justru dapat menimbulkan kerusakan yang fatal. Oleh sebab itu, ada baiknya anda bersikap lebih bijak dan selektif sebelum hendak memasang hidrolik hose.

Secara umum, selang hidrolik digunakan untuk menghubungkan sistem elemen yang bergetar atau bergerak secara terus-menerus. Fungsinya tidak lain sebagai penghantar oli hidrolik untuk membantu pergerakan kinerja mesin agar optimal.

Ingat Syarat Pemasangan Hose

Sebelum anda memasang hose, pastikan hose yang anda pilih memiliki syarat dibawah ini;

Bersifat Fleksibel

Mengingat hose berfungsi menghubungkan dua bagian yang bergerak, maka hose yang dipilih haruslah bersifat fleksibel, lentur, dan elastis. Semakin kaku hose, maka kinerja menjadi tidak optimal. 

Mempunyai Daya Tekanan Tinggi

Selain fleksibel, sifat hose juga dituntut mempunyai daya tekanan tinggi dalam temperatur suhu yang berubah. Hal ini sangat dipengaruhi oleh cuaca, sinar matahari, bahan – bahan kimia, kondisi pengoperasian atau kesalahan selama pengoperasian.

Namun hal tersebut kembali lagi berdasarkan jenis dan tipe hose yang digunakan berdasarkan kebutuhan pengguna sebab tiap jenis hose mempunyai titik tekanan yang berbeda. 

Nah sebelum mengetahui tips cara memasang hidrolik hose, ada baiknya anda mengenal terlebih dahulu komponen secara umum pada selang hidrolik, selengkapnya dibawah ini;

1. Inner Tube

Inner tube merupakan sebutan untuk lapisan dalam yang memiliki peranan sebagai penghantar fluida.

2. Wire Cushion

Selanjutnya terdapat komponen bernama wire cushion, berfungsi mengurangi kemungkinan kawat menjadi kaku yang dapat menyebabkan kerusakan – kerusakan pada lubang pin pada inner tube.

3. Reinforcement Layer & Cover

Lapisan penguat terbuat dari kapas, material sintetis atau kawat. Kapas dan bahan sintetis biasanya dianyam, sedangkan kawat dapat dianyam dibelit secara spiral. Cover berfungsi sebagai pelindung hose dari kerusakan eksternal seperti lingkungan atau cuaca. Cover biasa terbuat dari kawat baja, plastik, atau kain.

Baca Juga : Distributor Selang Hidrolik Excavator Terbaik Untuk Anda

Tips Pemasangan Hidrolik Hose

Jangan buru-buru melakukan pemasangan hose, sebaiknya simak tips cara memasang hidrolik hose dengan benar dan tepat berikut ini;

1. Harus diingat, dalam proses pemasangan hose tidak boleh terlalu tegang atau kaku. Semakin kaku, maka dapat terindikasi terjadinya kebocoran. Pastikan terdapat celah dengan kisaran jarak tertentu agar hose dapat mengembang ketika suhu mencapai titik tekanan tinggi, serta dapat menyusut saat suhu rendah. 

2. Selanjutnya, pastikan radius bengkokan selang tidak terlalu kecil. Jika terlalu kecil, maka hal ini akan mengakibatkan aliran turbulen ikut membentuk sudut kecil.

3. Terakhir, ikat atau pasang klem pada selang hidrolik yang sudah terpasang agar kondisi selang tidak tersentak atau bergerak ketika mendapat beban yang tinggi. Usahakan klem mengikat dengan kencang.

Sekian ulasan mengenai cara memasang hidrolik hose dengan mudah dan tepat. Semoga dapat bermanfaat dan dijadikan sebagai rujukan terpercaya Anda..

Bagikan Sekarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *