Skip to content
Beranda » Tips » 5 Tips Ampuh Perawatan Crane Bikin Mesin Makin Awet

5 Tips Ampuh Perawatan Crane Bikin Mesin Makin Awet

perawatan crane
perawatan crane

Kerap dinilai pengguna terlalu rumit, bagaimana cara perawatan crane yang baik dan benar? Selengkapnya silahkan simak tips dibawah ini.

Crane merupakan salah satu heavy equipment yang memiliki peranan sebagai pemindah material dari suatu ketinggian tertentu. Biasanya mobile crane dapat dengan mudah ditemukan di berbagai lokasi pembangunan konstruksi atau lainnya untuk memudahkan pekerjaan manusia. Alat berat ini tentunya bisa menjadi pilihan paling efektif bagi perusahaan konstruksi.

Seperti halnya kendaraan pribadi, mesin alat berat juga membutuhkan progam inspeksi atau perawatan rutin demi bertujuan meningkatkan keselamatan dan produktivitas serta mencegah kerusakan teknis. Perawatan yang dilakukan dapat membantu mengidentifikasi risiko dan peluang untuk peningkatan seraya mendukung kepatuhan keselamatan crane ketika bekerja.

Tips Mudah Perawatan Crane

Nyatanya masih banyak yang beranggapan bahwa perawatan crane terbilang sulit sebab tercakup berbagai aspek sparepart. Berikut Mekanik Hydro hadirkan beberapa tips mudah yang telah dirangkum dari berbagai sumber, diantaranya;

1. Pemeriksaan komponen

Yang perlu diperhatikan yakni periksa kunci, bagian-bagian pengaman crane, batas bagian pengangkatan dan pengoperasian, pelumas serta minyak gigi, kerekan listrik, sekrup penguat kawat, dll. Lebih baik pemeliharaan rutin  ini disertakan dengan catatan khusus pemeliharaan rutin crane untuk meningkatkan kinerja keseluruhan crane.

2. Pemberian pelumasan komponen

Selanjutnya, berikan pelumasan yang cukup pada bagian derek serta sambungan seal lainnya agar tidak seret. Namun sebelum itu, sebaiknya bersihkan terlebih dahulu untuk menjaga derek terbebas dari kotoran serta tetap menjaga komponen dalam kondisi baik

3. Perawatan sekunder derek

Pemeliharaan derek tingkat kedua mencakup semua pemeliharaan derek tingkat pertama. Namun dalam hal ini lebih ditekankan pada inspeksi dan penyesuaian komponen sehingga dapat mempertahankan kinerja mesin yang baik dari setiap perakitan mekanis, mekanisme operasi, dan bagian-bagian crane.

4. Pergantian oli

Oli merupakan hal vital bagi mesin. Jadi, sebaiknya lakukan pergantian oli mesin secara berkala dengan mengacu pada riwayat buku pemeliharaan. Sebab oli yang kualitasnya kurang bagus dapat mempengaruhi kinerja dan performa dari mesin crane tersebut.

5. Pergantian sparepart asli

Ketika jadwal perawatan atau maintenance tiba, ada kalanya beberapa sparepart sudah tidak layak digunakan. Sebabnya karena masa pakai yang sudah habis hingga rusak lebih cepat. Oleh sebab itu sangat disarankan untuk mengganti sparepart mesin crane dengan kualitas genuine atau orisinil. Caranya dengan membeli langsung melalui distributor hidrolik resmi.

Nah itulah lima tips mudah dalam melakukan perawatan crane mobile. Semoga bermanfaat dan jangan lupa dipraktekkan yaa..

Temukan tips menarik lainnya di Hydraulichose.id

Bagikan Sekarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *