Beranda » Tips » Jual Selang Hidrolik Murah, Apakah Memang Berkualitas?

Jual Selang Hidrolik Murah, Apakah Memang Berkualitas?

jual selang hidrolik
jual selang hidrolik source google

Jual selang hidrolik murah, sudah yakin memiliki kualitas terbaik? Jangan terburu-buru dalam membeli hose, sebaiknya intip kualitas produk berikut ini.

Penggunaan alat berat semakin menjamur diberbagai sektor perusahaan industri maupun pertambangan, maka tidak heran bila komponen selang hidrolik ikut laris manis.

Namun pertanyaan terbesar adalah apakah selang dengan harga murah sudah pasti memiliki kualitas yang tinggi?

Setiap produsen pastinya memiliki material atau bahan baku khusus untuk menciptakan selang dengan kualitas tertentu.

Selang hidrolik merupakan bagian dari unit alat berat yang umumnya berfungsi sebagai penghantar oli hidrolik sesuai tekanan yang dikehendaki. Part tersebut berbahan dasar karet sintetis, termoplastik atau teflon yang diperkuat.

Tanpa adanya selang hidrolik, kinerja suatu mesin tidak akan bekerja dengan optimal. Tidak hanya oli saja yang diperhatikan, namun sekali lagi pastikan anda memang menggunakan selang hidrolik yang memiliki kualitas tinggi.

Menilik Kualitas Jual Selang Hidrolik

Sudah yakinkah anda dengan kualitas selang yang anda pakai? 

Jangan terburu-buru ketika hendak membeli selang atau hose. Umumnya, sebagian pengguna terjebak pada harga selang hidrolik tanpa menilik kualitas hose lebih lanjut. Simak beberapa indikator kualitas selang hidrolik dibawah ini;

1. Tentukan Merk Produk yang Hendak Dipakai

Pertama, sebaiknya anda mulai tentukan dari merk. Hingga saat ini, beragam jenis merk selang hidrolik sudah berjumlah ratusan hingga ribuan yang menempati lahan basah perindustrian belahan negara. Otomatis secara kualitas pun turut dipertanyakan.

Salah satu merk selang hidrolik yang sering dipakai oleh pengguna alat berat yakni diantaranya Eaton, Yokohama, Alfagomma, dan masih banyak lainnya. Jadi, merk mana yang menjadi pilihan Anda?

2. Perhatikan Titik Tekanan

Tiap jenis selang hidrolik memiliki titik tekanan yang berbeda, dimana selang dapat pecah ketika suhu atau tekanan yang diterimanya melewati batas maksimal. Nah, untuk hal ini dinamakan dengan burst preassure.

Oleh sebab itu, sebelum anda membeli pastikan tekanan suhu mesin dengan selang hidrolik memang terpadu secara tepat.

3. Perhatikan Kelenturan Selang

Tidak hanya tekanan saja, namun anda juga harus mengetahui lebih detail terkait titik kelenturan atau disebut dengan minimum bend radius. Bend radius merupakan jari-jari minimum yang dapat ditekuk oleh pipa, kabel, kawat, lembaran, kabel, tabung atau selang tanpa merusaknya (termasuk kinking). Semakin kecil radiusnya, maka semakin besar fleksibilitas material selang hidrolik.

Namun bukan berarti semakin lentur maka semakin bagus selang tersebut. Ingat, sekali kelenturan yang digunakan tergantung dengan situasi dan kondisi alat berat yang anda pakai.

Baca Juga : Intip Tips Lengkap Cara Memasang Hidrolik Hose Dengan Mudah

Ini Bahayanya Pakai Jual Selang Hidrolik Murah

Waspada, ternyata ada bahaya mengintai jika anda menggunakan selang hidrolik murah. Berbagai bahaya yang ditimbulkan tentu dapat mengancam mesin anda, diantaranya;

1. Selang Hidrolik Cepat getas

Bahaya yang pertama yakni selang hidrolik rentan mengalami getas.

Hal ini disebabkan material atau produk yang dipilih tidaklah berkualitas. Umumnya, kerusakan yang terjadi antara lain; selang mengalami kebocoran, getas lebih cepat, dan lain lain.

Ketika selang hidrolik sudah bocor, tentu akan membahayakan operator dan area kerja sebab dapat beresiko terjadinya overheat hingga memicu terjadinya kebakaran.

2. Instalasi Selang Tidak Tepat

Saat ini, beragam perusahaan tidak hanya menawarkan atau menjual selang hidrolik saja, namun sudah dilengkapi dengan jasa instalasi atau pemasangan. Nah, pertanyaannya ialah apakah instalasi pada produk sudah benar dan tepat?

Salah-salah dalam melakukan instalasi, justru akan menimbulkan bahaya pada area kerja. Bayangkan, harga sebuah excavator mencapai miliaran dapat rusak parah hanya dengan kesalahan pemasangan selang. Ngeri sekali bukan?

3. Mekanik Tidak Profesional

Salah satu kasus yang sering terjadi yakni pihak mekanik malas untuk membaca katalog jenis selang hidrolik.

Saat anda sebagai konsumen ingin meminta jenis selang dengan spesifikasi tertentu, sang mekanik seharusnya memberikan opsi jawaban terbaik berdasarkan data dari katalog selang, bukan hanya sekedar kira-kira atau asumsi semata saja.

Jual Selang Hidrolik Terjangkau dan Berkualitas

Jangan khawatir, anda bisa dapatkan selang hidrolik dan bekualitas di Cipta Hydropower Abadi.

Dapatkan konsultasi gratis serta penawaran menarik lainnya hanya untuk Anda.

Ulasan terkait jual selang hidrolik murah apakah berkualitas atau tidaknya, sekali lagi tergantung pada jenis, produk dan jasa instalasi yang hendak digunakan. Berkualitas diciptakan dari diri sendiri untuk keamanan bersama.

Baca seputar hidrolik lainnya hanya di Hydraulic Hose

Bagikan Sekarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *