Skip to content
Beranda » Selang » Hose Hidrolik Beserta Komponen Lengkap Pada Alat Berat

Hose Hidrolik Beserta Komponen Lengkap Pada Alat Berat

hose hidrolik
hose hidrolik source google

Nyatanya dalam memahami hose hidrolik beserta komponen pada alat berat tidak serumit yang dibayangkan. Simak cara mudahnya hanya pada ulasan berikut ini.

Hose hidrolik atau selang hydraulic merupakan salah satu komponen yang melekat pada sistem hidrolik. Fungsinya tidak lain sebagai penghantar fluida berupa oli untuk diteruskan keseluruh bagian unit untuk menggerakkan ektuaktor. Hose terbuat dari material karet yang didesain khusus untuk menahan tekanan suhu mesin.

Selang hidrolik ini umumnya terdapat mesin alat berat yakni excavator, forklift, crane, bulldozer, dan masih banyak jenis alat berat lainnya. Oleh sebab itu, penggunaan hose hidrolik tidak terlepas dari kebutuhan industri maupun pertambangan.

Bagi anda penggiat alat berat, sangat wajib untuk memilih selang hidrolik tekanan tinggi. Hal ini agar mencegah timbul getas lebih cepat

Inilah Komponen Lengkap Hose Hidrolik

Sebab berperan dalam mesin, maka tidak heran bila komponen hose hidrolik terdiri dari berbagai macam lapisan. Setidaknya terdapat empat macam lapisan pada hose, yakni diantaranya sebagai berikut;

1. Inner Tube

Inner tube merupakan sebutan untuk lapisan dalam yang memiliki peranan sebagai penghantar fluida.

2. Reinforcement Layer

Pada lapisan ini berfungsi untuk memberikan kekuatan pada hose. Lapisan penguat dapat terbuat dari kapas, material sintetis atau kawat. Kapas dan bahan sintetis biasanya dianyam, sedangkan kawat dapat dianyam atau dibelit secara spiral.

Baca Juga : Harga Selang Hose Hidrolik ,Utamakan Kuantitas atau Kualitas

Beberapa jenis hose mempunyai banyak lapisan yang diperkuat dengan menggunakan material yang berbeda, namun umumnya tidak terlepas dari kapas dan kawat.

3. Wire Cushion

Selanjutnya terdapat komponen bernama wire cushion, berfungsi mengurangi kemungkinan kawat menjadi kaku yang dapat menyebabkan kerusakan – kerusakan pada lubang pin pada inner tube.

4. Cover

Terakhir terdapat lapisan cover atau penutup. Lapisan ini berfungsi sebagai pelindung hose dari kerusakan eksternal seperti lingkungan atau cuaca. Cover biasa terbuat dari kawat baja, plastik, atau kain.

Baca Juga : Distributor Selang Hidrolik Excavator Terbaik Untuk Anda

Hose Hidrolik Bertekanan Tinggi Cegah Getas Lebih Cepat

Salah satu rahasia dalam memperpanjang life time selang yakni menggunakan jenis hose yang memiliki tekanan tinggi. Hal ini bertujuan agar selang tidak mudah mengalami kerusakan ketika suhu mesin telah mencapai diatas 100 derajat celsius. Dengan tinggi suhu yang demikian, otomatis fluida pun ikut mengalami perubahan suhu.

Baca Juga : 3 Cara Mudah Menemukan Hydraulic Hose Berkualitas Terbaik

Ketika fluida yang panas mengalir pada selang abal-abal secara terus-menerus, otomatis selang menjadi lebih cepat mengalami getas hingga berujung kebocoran fluida. Hal ini tentu menjadi momok tensendiri bagi penggunanya.

Ini rahasianya!

Merek Eaton disinyalir dapat mencegah timbul getas lebih cepat.

Selang Hidrolik Eaton Aeroquip atau Hydraulic Hose Aeroquip telah berstandarisasi Amerika. Produknya hampir digunakan diseluruh belahan negara industri ternama.

Eaton Aeroquip tersedia dalam berbagai model, yakni diantaranya;

Aeroquip Single Wire, Aeroquip Low Pressure, Aeroquip Double Textile Braid, Aeroquip AQP Wire Inserted suction hose dan masih banyak lainnya. Keseluruhan model ini terbuat dari material Abrasi dan Karet sintetis yang resistan cuaca, serta tahan di temperature suhu -40°C to +100°C.  Selain itu, tekanan yang disematkan yakni berkisar pressure 3000 psi hingga 5800 psi .

Dapatkan selang Eaton hanya di distributor resmi Cipta Hydropower Abadi. Hanya di distributor resmi berbagai merek unggulan terpercaya hadir untuk memenuhi kebutuhan industri anda.

Oke sobat itulah ulasan mengenai komponen hose hidrolik. Semoga hadirnya ulasan iatas dapat bermanfaat bagi khalayak luas, khususnya penggiat alat berat. Ingat hidrolik, Ingat ahlinya!

Bagikan Sekarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *