Skip to content
Beranda » Hidrolik » Pengertian Hydraulic System Beserta Keuntungan Kerugian

Pengertian Hydraulic System Beserta Keuntungan Kerugian

hydraulic system
hydraulic system source google

Apa itu hydraulic system? Bagi kalangan pengguna bisnis pasti sudah tidak asing dengan seperangkat komponen berikut ini. Jika ditelisik lebih jauh, hingga saat ini penggunaan jumlah hydraulic system telah mencapai ratusan bahkan ribuan yang bertebaran di daerah maupun perkotaan. Mengapa hal tersebut terjadi? Jawaban selengkapnya lihat ulasan berikut ini.

Pengertian Hydraulic System

Hydraulic System atau sistem hidrolik merupakan sebuah sistem mekanisme pemindahan tenaga menggunakan media zat cair berupa fluida. Mekanisme hidrolik bekerja berdasarkan hukum Pascal yang berbunyi “Tekanan yang diberikan pada zat cair di ruang tertutup, maka akan diteruskan ke segala arah”.

Secara sederhana, hydraulic system ialah perangkat yang mengandalkan fluida sebagai bahan penggerak dalam mengangkat ektuaktor. Fluida umumnya berupa zat liquid seperti oli yang didesain khusus untuk penggunaan fluida. Oleh sebab itu, kinerja pada sistem hidrolik hanya berupa satu poros yakni maju dan mundur saja.

Mengapa Fluida Digunakan Sebagai Sumber Energi Penggerak

Mungkin anda masih bertanya-tanya mengapa fluida digunakan sebagai sumber energi penggerak bagi sistem hidrolik khususnya pada alat pertambangan dan industri? Ini jawabannya!

Pada dasarnya, sifat zat fluida yakni dapat dengan mudah menyesuaikan bentuk di segala tempat, sehingga bersifat fleksible menyeluruh diseluruh ruangan mesin serta mengalir dari tekanan tinggi ke tekanan rendah.

Keuntungan Menggunakan Hydraulic System

Bagi anda calon penggiat bisnis, hidrolik dapat dijadikan saran terbaik sebagai langkah menciptakan efektivitas serta efisiensi dalam bekerja. Apa saja keuntungan yang ditawarkan oleh hidrolik?

  1. Pemindahan gaya dan daya lebih besar.
  2. Pengaturan arah, kecepatan dan tekanan dapat dilakukan dengan mudah, sehingga gerakan bisa lebih teratur.
  3. Suatu pembalikan arah dengan cepat dapat dilakukan dengan mudah.
  4. Pemindahan gaya dapat dilakukan ke tempat yang jauh, yaitu dengan menghubungkannya menggunakan pipa atau hose, tanpa mengganggu sistem lainnya.
  5. Penempatan dan pengaturan komponen-komponen hydraulic lebih sederhana dan tidak diperlukan tempat besar.

Kerugian Menggunakan Hydraulic System

Dibalik keuntungan, pasti terdapat beberapa kerugian bagi para penggunanya. Apa saja kerugian tersebut?

  1. Beberapa bagian tertentu harus dibuat dan diteliti dengan sangat cermat.
  2. Sebab gesekan dalam saluran-saluran bisa menyebabkan oli panas dan ini akan menyebabkan perubahan viskositas oli.
  3. Vibrasi atau getaran dan penyusutan pipa-pipa dan hose karena tekanan dapat menyebabkan lepasnya sambungan-sambungan.

Jangan khawatir.

Kerugian tersebut dapat timbul akibat kesalahan yang diakibatkan dari pengguna, salah satunya perawatan. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk menggunakan jasa maintenance pada ahlinya agar tidak terjadi kerusakan yang berkepanjangan. Simak selengkapnya Service Hydraulic System Terbaik Untuk Performa Maksimal.

Cipta Hydropower Abadi dapat menjadi solusi bagi anda dalam memaintenance sistem hidrolik.

Demikian ulasan mengenai hydraulic system. Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat dan dijadikan sebagai rujukan terpercaya anda. Baca ulasan menarik lainnya hanya di hydraulichose.id

Bagikan Sekarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *