Beranda » Tips » 8 Tips Keselamatan Forklift Penting Khusus Bagi Pemula

8 Tips Keselamatan Forklift Penting Khusus Bagi Pemula

keselamatan forklift
keselamatan forklift

Meskipun tergolong alat angkut bukan alat berat, namun tetap saja khusus bagi pemula harus memperhatikan keselamatan forklift demi terhindar dari berbagai resiko kecelakaan kerja yang dapat mengintai kapan saja.

Perlu diingat, keselamatan pada saat menggunakan forklift selalu menjadi perhatian utama. Pasalnya, sudah banyak terjadi kecelakaan kerja operator fokrlift karena berawal dari kecerobohan kerja sehingga menimbulkan kerugian perusahaan.

Ingat ya, keselamatan kerja pada saat menggunakan forklift menjadi harga nomor satu dan harus tetap dipertahankan demi menunjang produktivitas perusahaan yang lebih baik. Sebab, kecelakaan kerja fokrlift memang cukup serius selain merusak properti perusahaan juga dapat mengakibatkan cedera pribadi.

8 Tips Keselamatan Forklift

Khusus bagi anda seorang pemula, yuk simak lima tips mudah dalam mengoperasikan forklift berikut ini;

1. Pastikan pakai sabuk pengaman

Selalu pastikan menggunakan sabuk pengaman, selain membuat lebih nyaman dalam mengoperasikan forklift juga untuk mencegah hal yang tidak terduga.

2. Pastikan garpu dalam posisi datar

Hal ini berlaku ketika forklift dalam kondisi sedang diparkirkan di lantai dengan kontrol diatur ke netral serta set rem parkir.

3. Pastikan beban dalam posisi menanjak

Ketika mengoperasikan forklift di tanjakan, beban harus selalu ada di sisi menanjak dari lereng. Mendorong maju ketika naik tanjakan serta mendorong mundur ketikan turun lereng.

4. Pastikan jaga ruang posisi garpu

Ketika anda mengoperasikan forklift dalam keadaan kosong tanpa bebas, sebaiknya posisikan garpu forklift sekitar 4 hingga 6 Inchi dari lantai.

5. Pastikan tidak ada orang ketika forklift mengangkat beban

Anda juga perlu memastikan ketika forklift mengangkat beban jangan sampai ada orang yang berjalan atau melalui daerah tersebut. Hal ini bertujuan untuk menghindari kemungkinan garpu atau beban yang terjatuh.

6. Pastikan area Blind Spot aman

Blind spot merupakan area yang tidak terlihat berada di belakang kendaraan. Oleh sebab itu sebelum ada berjalan mundur sebaiknya pastikan area sekitar blind spot aman dari lalu lalang orang maupun material lainnya yang dapat beresiko menimbulkan kecelakaan kerja.

7. Pastikan bunyikan klakson

Klakson merupakan pertanda yang ditujukan kepada orang pejalan kaki ketika forklift akan beroperasi agar orang tersebut dapat menghindar ke posisi yang lebih aman.

8. Pastikan jaga jarak sesama forklift

Apabila anda mengoperasikan forklift berdekatan dengan unit forklift lainnya, maka sebaiknya dibutuhkan jaga jarak sesama forklift agar terhindar dari benturan atau tabrakan.

Nah itulah ulasan ringkas tentang keselamatan forklift yang harus diketahui oleh pengguna pemula.  Semoga bermanfaat dan dapat menjadi wawasan kita bersama.

Bagikan Sekarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *