Skip to content
Beranda » Tips » Ini 5 Cara Memilih Mesin Dump Truck Bekas Tapi Berkualitas

Ini 5 Cara Memilih Mesin Dump Truck Bekas Tapi Berkualitas

cara memilih mesin dump truck bekas
cara memilih mesin dump truck bekas

Banyak yang belum paham cara memilih mesin dump truck bekas sehingga hasilnya terjebak pada kualitas abal-abal. Lalu bagaimana caranya? Simak selengkapnya.

Dibandingkan dengan membeli unit baru, dump truk bekas banyak djadikan sebagai opsi tepat yang dapat dilakukan pada kondisi saat ini. Selain harganya yang cenderung relatif lebih murah karena faktor depresiasi harga. Sehingga saat ini unit dump truk bekas banyak kita jumpai diberbagai pasaran dengan harga yang bervariatif.

Baik dari segi jenis, spesifikasi, merek, hingga umur pakai dapat dipilih sesuai kebutuhan. Kondisinya pun bermacam-macam, ada yang masih segar ataupun yang harus diperbaiki dibeberapa bagian.

Cara Memilih Mesin Dump Truck Bekas

Jangan terburu-buru, dalam memilih dump truck bekas setidaknya Anda membutuhkan beberapa tips dalam mengetahui kualitas dari unit yang hendak dipilih. Pasalnya, tidak semua penjual berlaku jujur terhadap kondisi mesin kendaraan. Oleh sebab itu, jangan sampai anda terkecoh dengan harga murah tetapi mendapat kendaraan dengan kondisi tidak layak pakai.

Lalu, bagaimana caranya? Yuk selengkapnya simak paparan dibawah ini;

1. Mengecek Kondisi Bodi, Bak, Roda

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan yakni dengan mengecek kondisi pada bagian bodi, bak, dan juga roda.

Untuk bodi dan bak truk, perhatikan beberapa hal seperti retakan, karat, penyok atau beberapa perbaikan besar yang pernah dilakukan sebelumnya pada bodi truk. Pasalnya, bahan yang digunakan untuk bak truk harus menjadi pertimbangan. Maka dari itu, pilih dari bahan baja jika ingin mengangkut material yang berat.

Lain halnya dengan ban, periksa apakah terdapat keausan yang tidak rata pada tapak ban.  Jika ada kemungkinan harus dilakukan spooring dan balancing.

2. Mengecek Frame dan Axle

Selanjutnya yang tidak kalah penting, silahkan cek pada bagian frame truk.  Perhatikan apakah terdapat lengkungan atau indikasi bengkok, serta karat atau tanda keausan lainnya. Biasanya, frame yang kurang beraturan atau bengkok dapat dapat disebabkan karena kelebihan beban.

3. Mengecek kondisi kabin

Jangan lupa untuk memeriksa kondisi pada bagian kabin truk. Lihat bagian panel, cek bagian odometer dan catat yang sudah ditempuh kendaraan.
Tidak ada salahnya untuk mencoba menyalakan mesin, lalu lihat dengan seksama lampu panel indikator apakah berfungsi dengan baik. Jika sudah, lalu coba jalankan kendaraan. Pada bagian ini, perhatikan apakah mesin terasa janggal, misalnya suara bising, kabin cepat panas, atau lainnya. Untuk menghentikan truk, jalankan lifting mechanism untuk mengangkat bak truk, perhatikan apakah gerakan batang silindernya masih mulus atau justru sebaliknya.

4. Mengecek Komponen Hidrolik

Selanjutnya yang wajib dilakukan yakni melakukan pengecekan pada bagian komponen hidrolik. Periksa secara teliti silinder dan batang silinder dari celah, kebocoran ataupun penyok. Periksa pompa dan tangki reservoir apakah terdapat tanda-tanda kebocoran mesin hidrolik rusak atau masih berfungsi dengan normal.

Jika sudah, tidak ada salahnya untuk kembali lagi kedalam kabin untuk mengecek gerakan silinder dengan cara turunkan bak truk, periksa kembali gerakan naik turun dari bak truk.

5. Mengecek bagian mesin

Untuk mengecek bagian mesin, disarankan untuk langsung dilakukan oleh ahlinya. Pastikan rekan yang Anda mintakan bantuan sudah paham dan benar-benar mengerti tentang kualifikasi dalam hal mekanik kendaraan berat ketika hendak membeli dump truk bekas. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir terjebak pada kualitas abal-abal yang justru merugikan kedepannya.
Nah itulah ulasan tips sederhana tentang cara memilih mesin dump truck bekas. Jangan lupa untuk turut mempertimbangkan pemilihan konsumsi bahan bakar, torsi mesin, serta HP unit tersebut.
Bagikan Sekarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *