Beranda » Tips » Cukup 6 Langkah Perawatan Oli Hidrolik Makin Berkualitas

Cukup 6 Langkah Perawatan Oli Hidrolik Makin Berkualitas

perawatan oli hidrolik
perawatan oli hidrolik

Untuk menjaga oli tetap berkualitas sebelum digunakan, cukup lakukan enam langkah praktis perawatan oli hidrolik yang sering digunakan oleh praktisi mesin lainnya.

Baik kendaraan alat berat maupun mesin industri, keduanya sama-sama membutuhkan fluida yang satu ini. Oli merupakan bahan bakar utama agar menghasilkan tenaga mekanik. Dengan demikian mesin dapat bekerja hingga mengangkat beban material hingga ratusan kilogram. Nah nyatanya peran mesin tidak terlepas dari sistem hidrolik pada umumnya.

Salah satu fungsi oli hidrolik adalah memidahkan tenaga dari satu area ke area yang lainnya. Pemilihan oli hidrolik yang tepat harus tergantung kepada aplikasi dan kondisi operasi mesin.

6 Langkah Perawatan Oli Hidrolik

Selain melakukan perawatan komponen mesin seperti hose dan filter, nyatanya oli hidrolik juga perlu diperhatikan agar kualitas cairan fluida tetap terjaga dengan baik sebelum waktunya digunakan. Jika oli memiliki kualitas terbaik, maka hasilnya proses lubrikasi serta gesekan lainnya sangat mempengaruhi kinerja mesin menjadi lebih nyaman.

Berikut hadir enam langkah perawatan oli hidrolik yang dapat anda lakukan dengan mudah, selengkapnya berikut ini;

1. Menyimpan drum oli hidrolik tepat dibawah atap dengan udara sejuk
2. Membersihkan bagian atas drum sebelum mulai membuka agar kotoran tidak masuk
3. Menggunakan girigen (wadah) dan selang yang bersih untuk memindahkan oli
4. Menyaring oli terlebih dahulu sebelum memasukkan ke dalam reservoir
5. Menghindari oli dari kondisi lembab karena embun
Ketika oli sedang digunakan, jangan lupa untuk menjaga bagian-bagian rangkaian tetap terpasang kuat dan sistem saringan dalam kondisi baik. Selain itu juga pastikan anda melakukan ganti oli hidrolik secara berkala.

Lalu kapan waktu ideal untuk mengganti oli hidrolik?

Dikutip dari berbagai sumber, waktu penggantian oli mesin khususnya excavator yaitu sekitar 250-500 jam pengoperasian. Jadi jika sudah mencapai waktu tersebut sangat disarankan untuk segera mengganti oli sebelum pengoperasian mesin. Hal ini bertujuan untuk mencegah kondisi mesin sebelum rusak karena proses gesekan atau lubrikasi yang terganggu.

Selesai sudah tips bermanfaat seputar perawatan oli hidrolik. Semoga dapat menjadi rujukan tepat bagi anda.
Bagikan Sekarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *