Beranda » Hidrolik » Apa Saja Komponen Silinder Hidrolik Dalam Sebuah Excavator?

Apa Saja Komponen Silinder Hidrolik Dalam Sebuah Excavator?

komponen silinder hidrolik
komponen silinder hidrolik source google.com

Untuk membuat excavator dapat bergerak dengan sempurna, tentu tidak luput dari komponen silinder hidrolik yang bekerja dengan optimal. Meskipun excavator tergolong alat berat yang berukuran besar, namun komponen tidaklah serumit yang dibayangkan asalkan paham prinsip kerja hidrolik silinder.

Hadirnya hidrolik merupakan imbas dari kemajuan teknologi pada abad ini. Dengan adanya hidrolik, pekerjaan yang terasa berat justru dapat dengan mudah diselesaikan. Penggunaan hidrolik tidak hanya berkutat pada sebuah excavator saja, namun hidrolik juga digunakan pada steam cuci mobil bahkan pengangkat pagar air di bendungan.

Tahukah anda? Silinder hidrolik terdiri dari empat komponen utama berikut ini;

Silinder Barel

Silinder barel merupakan sisi terluar dari silinder hidrolik. Bagian inilah yang biasa tampak oleh kita. Silinder barel menjadi pembungkus keseluruhan elemen komponen silinder hidrolik.

Piston

Komponen selanjutnya yakni terdapat part piston yang memiliki fungsi untuk memisahkan antara kedua sisi ruang silinder. Piston berada pada sisi barel yang dapat berkontak langsung dengan fluida hidrolik serta memiliki luas penampang tertentu. Luas penampang inilah yang mengubah tekanan hidrolik menjadi gaya tertentu.

Piston Rod

Jika diatas bernama piston, nah lain halnya dengan piston rod. Bagian yang berbentuk silinder memanjang ini salah satu ujungnya terkoneksi langsung dengan piston, dan sisi lainnya terkoneksi dengan peralatan lain yang digerakkan. Bagian inilah yang meneruskan gaya yang timbul akibat tekanan fluida hidrolis ke alat lain yang terhubung.

Sistem Seal/Gland

Terakhir, terdapat komponen bernama sistem seal/gland  yang umumnya berbahan dasar karet. Fungsinya tak lain untuk mencegah kebocoran fluida hidrolik.

Pada sisi piston terpasang seal untuk mencegah fluida kerja berpindah dari sisi satu ke yang lainnya, sehingga dapat mengganggu kerja silinder hidrolik. Pada sisi piston rod terpasang sistem seal yang fix pada sisi barel sebelah dalam untuk mencegah kebocoran fluida hidrolik yang berada pada ruang sisi piston rod.

Itulah ulasan mengenai komponen silinder hidrolik. Semoga dapat bermanfaat dan dijadikan sebagai rujukan. Ingat, Pastikan hidrolik yang anda gunakan memang berkualitas agar tidak terjadi kerusakan dikemudian hari.

Bagikan Sekarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *