Skip to content
Beranda » Hidrolik » Pengertian Maintenance Industri & Tujuannya Lengkap

Pengertian Maintenance Industri & Tujuannya Lengkap

maintenance industri
maintenance industri

Setiap mesin pabrik sudah pasti membutuhkan maintenance industri secara berkala. Hal ini bertujuan untuk menghindarkan peluang kerusakan mesin karena kesalahan teknis hingga rusaknya spare part. Pasalnya, tidak jarang ditemukan kasus diluar sana mesin mengalami berbagai masalah yang cukup krusial. Biasanya hal ini penyebab utamanya karena pengguna malas melakukan perawatan harian atau bulanan.

Lalu, seberapa penting kegiatan maintenance industri? Yuk bahas selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Maintenance Industri

Secara definisi, maintenance adalah kegiatan perbaikan hingga perawatan pada objek. Dalam dunia industri, maintenance industri merupakan suatu tindakan perbaikan dan perawatan pada suatu objek. Sedangkan dalam dunia industri, maintenance dapat diartikan sebagai tindakan pemerliharaan komponen atau mesin pabrik dan cara memperbaharui masa pakai ketika dianggap tidak layak atau sudah rusak.

Jadi mudahnya, maintenance industri juga dapat diartikan sebagai perawatan mesin.

Khususnya perawatan sistem hidrolik memang memiliki beberapa cakupan antara lain harian, mingguan, bulanan, hingga tahunan. Namun dengan melakukan maintenance secara berkala dapat tehindar dari resiko kerusakan mesin.

Jenis-Jenis Maintenance Industri

Tidak sembarang perawatan saja, nyatanya kegiatan maintenance terdiri dari beberapa tiga jenis berikut ini;

1. Breakdown Maintenance

Breakdown maintenance atau perawatan ketika terjadi kerusakan dipilih ketika kondisi mesin atau peralatan sudah tidak bisa dioperasikan atau sudah mengalami kerusakan sehingga harus dicari penyebabnya.

2. Preventive Maintenance

Preventive maintenance atau perawatan cegah kerusakan mesin selama mesin digunakan untuk produksi. Preventive maintenance ini juga terbagi menjadi dua macam, yaitu periodic maintenance yaitu pemeliharaan secara berkala dan predictive maintenance perawatan untuk mengantisipasi terjadinya kerusakan.

3. Corrective Maintenance

Perawatan ini merupakan tindakan identifikasi pada mesin atau peralatan untuk menganalisa indikasi terjadinya kerusakan pada setiap bagiannya. Biasanya dilakukan ketika mesin masih bisa beroperasi tapi tidak bisa digunakan secara maksimal.

Pentingnya Maintenance Industri

Perlu diketahui, bahwa semakin tinggi intensitas penggunaan mesin hidrolik pada industri, maka secara langsung kualitas komponen mesin ikut menurun jika tidak diimbangi dengan perawatan sistem hidrolik dengan tepat. Dengan melakukan perawatan secara berkala, maka performa mesin akan meningkat sehingga pengguna pun merasa nyaman saat mengoperasikan mesin.

Pada dasarnya, sistem hidrolik merupakan sebuah rangkaian komponen yang memanfaatkan zat fluida sebagai energi penggerak pada alat berat. Alasan pengguna bisnis beralih menggunakan sistem hidrolik sebab dapat mengangkat material beban hingga ratusan kilogram hanya dengan bahan bakar yang minimalis.

Sistem hidrolik terdiri dari beragam komponen, mulai dari hose, pompa hidrolik, tangki, ekatukator, valve, filtration system, dan masih banyak komponen penting lainnya. Beragam komponen tersebut sudah pasti membutuhkan perawatan khusus, salah satunya hose.

Tidak seperti komponen lainnya, hose memiliki life time dengan jangka waktu pendek, berkisar 3 – 6 bulan saja. Selebihnya, hose mengalami getas atau rusak yakni ditandai dengan kebocoran. Sangat berbahaya bila pengguna mengoperasikan mesin dengan keadaan hose bocor.

Tujuan Maintenance Industri

Kegiatan maintenance memiliki beberapa tujuan tersendiri, diantaranya;

  • Dapat menganalisa kerusakan sejak dini (awal), sehingga indikasi kerusakan dapat ditangani segera mungkin sebelum merembet ke komponen lainnya
  • Perawatan mesin secara berkala dapat membuat kondisi mesin menjadi lebih lancar sehingga proses produk pun meningkat
  • Mesin menjadi lebih stabil dan terhindar dari kerusakan
  • Menghemat pengeluaran operasional mesin yang membengkak karena biaya penggantian komponen

Klik disini untuk mengetahui rekomendasi jasa maintenance mesin industri.

Kini anda sudah mengetahui ulasan seputar pengertian, seberapa penting hingga manfaat dari sebuah kegiatan maintenance mesin pabrik dalam skala industri. Oleh sebab itu jangan mengabaikan lagi perawatan mesin jika tidak ingin kerusakan fatal menghampiri.

Semoga bermanfaat..

Bagikan Sekarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *