Beranda » Hidrolik » Perawatan Filter Industri Biar Makin Awet, Cek 5 Tips Ini

Perawatan Filter Industri Biar Makin Awet, Cek 5 Tips Ini

perawatan filter industri
perawatan filter industri
Salah satu perawatan berkala mesin yakni menjadwalkan perawatan filter industri. Seperti apa cara mudahnya? Berikut tipsnya untuk Anda.
Filter hidrolik merupakan salah satu dari sekian beragam jenis spare part produk mesin industri lainnya. Fungsinya tidak berbeda dengan kendaraan pribadi untuk menyaring kotoran dari luar agar tidak masuk ke dalam ruang pembakaran. Pasalnya, kotoran partikel debu halus memang berpotensi dapat menganggu ruang pembakaran sehingga tidak jarang mesin kehilangan tenaga dan lainnya.

5 Perawatan Filter Hidrolik

Berikut terdapat lima tips yang dapat anda lakukan dalam melakukan perawatan filter hidrolik. Selengkapnya berikut ini;

1. Ganti filter hidrolik

Pada dasarnya, semua komponen suku cadang hydraulic system memiliki life time yang bervariasi termasuk filter oli hidrolik. Dalam keadaan normal, periode penggantian filter hisap oli hidrolik diganti setiap 2000 jam. Jangka waktu penggantian filter balik hidraulik adalah 250 jam untuk pertama kalinya, dan kemudian diganti setiap 500 jam.

Bagi pengguna mesin hidrolik manufaktur baja, jangan ganti filter hidrolik sesering mungkin sebab dapat mempengaruhi kinerja produksi. Dianjurkan untuk secara berkala mengambil sampel minyak hidrolik untuk memeriksa kebersihan cairan, lalu dapat menentukan siklus penggantian yang tepat.

2. Cek kondisi filter

Meskipun belum tiba waktunya pergantian filter, namun tidak ada salahnya untuk melakukan pengecekan kondisi filter hidrolik. Pasalnya, tidak jarang kasus ditemukan filter dalam kondisi sudah rusak, misalnya berlubang, patah, dan lainnya.

3. Cek onderdil lainnya

Tidak hanya filter saja, namun perlengkapan lainnya seperti O ring atau seal, casing filter oli dan lain sebagainya apakah masih dapat berfungsi dengan normal atau sudah terdapat kerusakan. Sebab, kinerja filter optimla juga didukung dengan kondisi kelayakan onderdil lainnya.

4. Menggunakan oli sesuai rekomendasi pabrikan

Siapa yang masih suka ganti-ganti oli?

Sebaiknya jangan dilakukan kembali, karena salah satu rahasia cara perawatan sistem hidrolik dengan menggunakan oli sesuai anjuran pabrikan mesin. Oli yang berkualitas tentu menghasilkan lubrikasi yang optimal sehingga proses kinerja mesin dapat berjalan dengan lancar.

Nah dibalik oli yang berkualitas, tingkat korosi pun berkurang sehingga residu partikel kotoran dari ruang mesin berkurang untuk disaring oleh filter hidrolik.

5. Menggunakan filter hidrolik orisinil

Memang banyak jumlah distributor atau supplier suku cadang hydraulic system filter hidrolik. Mungkin jumlahnya dapat mencapai puluhan hingga ratusan. Tidak jarang juga beberapa diantaranya mengabaikan kualitas produk sehingga imbasnya pun merugikan customer. Sangat disayangkan bukan?

Oleh sebab itu, sebaiknya pilih distributor hidrolik resmi yang dapat menjamin kualitas suku cadang filter hydraulic.

Dapatkan produknya hanya di distributor resmi Cipta Hydropower Abadi.

spare part perawatan filter hidrolikspare part perawatan filter hidrolik

Tersedia beragam spesifikasi filter hidrolik dengan berbagai merek unggulan serta produk lengkap lainnya seperti;

Hydraulic hose, hose assembly, hydraulic pump, hydraulic filter, valve, ball valve, connection test, pressure gauge, fire suppression system, level gauge, breather filler, pipe clamp, seamless tube, fittings ferule, quick release coupling, flexible pipe coupling, diaphrgham pump, hose reel, hydraulic power unit, hydraulic main component, dll.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami di

PT Cipta Hydropower Abadi

Komplek Daan Mogot Prima Blok A-3 No, RT.8/RW.9, Rw. Buaya, Kecamatan Cengkareng, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11740

08-111-77633 (whatsapp chat only)

info@ciptahydropower.com

Semoga informasi tentang perawatan filter industri diatas bermanfaat untuk Anda !!
Bagikan Sekarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *