Skip to content
Beranda » Hidrolik » 5 Tips Mudah Melakukan Perawatan Excavator Dengan Tepat

5 Tips Mudah Melakukan Perawatan Excavator Dengan Tepat

Perawatan Excavator
perawatan excavator source google.com

Beberapa orang beranggapan bahwa perawatan excavator terbilang sulit atau rumit mengingat besarnya ukuran sebuah excavator, namun benarkah demikian? 

Tidak dapat dipungkiri bahwa segala jenis alat bermesin apapun pastinya perlu mendapatkan perawatan rutin maupun berkala. Bahan dasar mesin seutuhnya terbuat dari lempengan logam dan besi. Material ini dapat mengalami korosi hingga berujung kerusakan, itulah sebabnya sebagai pengguna harus melakukan perawatan. Hal ini semata bertujuan untuk menjaga performa mesin agar lebih optimal. Lalu seperti apa perawatan excavator yang mudah? Cegah sebelum terlambat itu lebih baik.

1. Perhatikan Kebersihan dan Kualitas Oli                                                                                                       

Tidak hanya kendaraan saja, namun pada alat berat pun membutuhkan oli untuk melumasi kinerja mesin. Oli berfungsi melumasi seluruh gerakan mesin agar pergesekan antar mesin berjalan sempurna. Oleh sebab itu, pastikan oli yang dipakai memang berkualitas sesuai dengan spesifikasi jenis mesin. 

Tingginya intensitas penggunaan, turut membuat kualitas oli pun ikut menurun. Hal ini disebabkan oli sudah kotor sehingga perlu dilakukan pergantian secara berkala. 

Hati-hati, ini dampaknya jika anda malas ganti oli. Bisa jadi mesin menajdi lebih cepat panas sehingga kerusakan tidak dapat terhindarkan lagi. 

2. Perhatikan Level Oli

Selanjutnya, anda juga wajib memperhatikan level oli dalam sebuah excavator. Pastikan oli cukup untuk beroperasi. Jika oli sudah berada dibawah level, maka bersiaplah kinerja excavator menjadi terhambat bahkan timbul knocking atau nyendat. 

3. Mengganti Saringan Air Cleaner

Jika di mobil kita mengenal dengan istilah filter udara, nah pada sebuah excavator juga terdapat komponen demikian bernama saringan air cleaner atau saringan udara. Komponen tersebut bertujuan untuk menyaring udara yang masuk kedalam mesin tidak tercampur dengan debu. Tidak hanya solar, nyatanya udara pun ikut berperan dalam proses pembakaran mesin. 

Jika saringan udara mengalami kerusakan, maka bahan bakar solar menjadi lebih boros sebab proses pembakaran didalamnya berlangsung tidak sempurna.

Baca Juga : Simak Selengkapnya Bagian-Bagian Alat Berat Excavator Ini

4. Pastikan Fuel Filter Tertutup Dengan Kencang 

Selanjutnya, pastikan juga saringan bahan bakar fuel filter dalam kondisi tertutup rapat dan kencang. Bukan tanpa sebab, hal ini dapat mengakibatkan kerusakan pada mesin jika kondisi fuel filter masih mendapat ruang udara dari luar. 

Selain itu, pastikan juga untuk rutin membuang air kotor yang dihasilkan dari endapan solar agar filter tersebut tidak penuh hinggad dapat menghambat kinerja mesin. 

Nah itulah ulasan seputar perawatan excavator yang perlu diperhatikan oleh para penggunanya. Berikan perawatan terbaik untuk kenyamanan dan kualitas yang lebih baik.

Bagikan Sekarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *