Beranda » Hidrolik » 5 Cara Perawatan Mesin Industri Mudah Praktis Tanpa Ribet

5 Cara Perawatan Mesin Industri Mudah Praktis Tanpa Ribet

perawatan mesin industri
perawatan mesin industri

Kini cukup 5 langkah praktis untuk melakukan perawatan mesin industri dengan mudah khusus bagi anda pengguna pemula. Selengkapnya disini.

Bagi perusahaan industri maupun manufaktur, mesin merupakan tonggak utama dalam peningkatkan produktivitas. Jika mesin terjadi masalah yang cukup serius, imbasnya semua kegiatan industri manufaktur akan berhenti. Oleh sebab itu, merawat mesin industri manufaktur merupakan kegiatan yang harus dilakukan secara berkala.

Perawatan merupakan salah satu langkah tepat guna mendukung daya pemeliharaan mesin agar menunjang umur mesin lebih awet serta tahan lama. Dengan demikian, produktivitas mesin dapat meningkat sebab mesin yang dalam kondisi prima.

5 Perawatan Mesin Industri

Nah, berikut ini terdapat beberapa tips mudah yang bisa Anda lakukan khususnya bagi pengguna pemula. Selengkapnya berikut ini;

1. Update Firmware

update firmware mesin

Apa itu firmware?

Singkatnya, firmware merupakan sebuah perangkat yang kecil dan berada dalam perangkat lunak, ia berguna untuk membantu perangkat keras bergerak sesuai fungsinya. Mudahnya, firmware hampir mirip dengan sistem operasi pada komputer.

Firmware inilah juga telah banyak diaplikasikan pada mesin industri manufaktur untuk memudahkan pengoperasian produksi sehingga dapat membuat pekerjaan produksi menjadi lebih efektif dan efisien.

Oleh sebab itu, rasanya sangat penting udah melakukan update pada software secara berkala guna mencegah downtime pada mesin akibat gangguan software.

2. Pengecekan mesin

pengecekan mesin industri

 

Jangan lupa lakukan pengecekan mesin secara menyeluruh. Hal ini bertujuan untuk mendeteksi timbulnya gejala kerusakan yang dapat mengintai mesin kapan saja.

Agar proses pengecekan lebih efisien tanpa membuang waktu lama, sebaiknya gunakan sebuah tools yang sudah terkoneksi dengan software. Cara kerjanya, software akan mengirimkan sinyal notifikasi entah itu melalui email atau ponsel jika perawatan sudah waktunya dilakukan. Hadirnya software sangat membantu untuk manajemen aset yang bisa menjadwalkan servis secara rutin dan otomatis.

3. Memberikan pelatihan operator mesin

pelatihan operator mesin

Seberapa pentingnya memberikan pelatihan kepada operator mesin?

Tanpa disadari, human error merupakan salah satu faktor utama penyebab mesin rusak. Imbasnya, mesin mengalami kerugian yang cukup besar sehingga anda perlu memanggil jasa service mesin industri terpercaya untuk mengembalikan performa mesin.

Penyebab human error yakni karena sumber daya manusia yang kurang kompeten sebab minimnya pengetahuan dari operator dalam mengoperasikan mesin manufaktur.

Maka dari itu, memberikan pelatihan terhadap operator merupakan sebuah keharusan dan dirasa sangat penting. Selain menambah wawasan, pengguna juga memiliki bekal dalam melakukan perawatan mesin secara individu.

4. Suku cadang mesin

suku cadang mesin

Seiring dengan penggunaan mesin secara terus-menerus, wajar saja jika terdapat beberapa komponen yang sudah terjadi kerusakan. Solusinya dengan mengganti suku cadang yang baru.

Ingat ya, jangan paksakan mesin beroperasi dengan komponen yang sudah mulai rusak. Meskipun mesin masih terlihat baik-baik saja namun tanpa disadari kondisi ini akan mengakibatkan kerugian operasional yang cukup besar.

Dengan mempersiapkan suku cadang mesin berkualitas, secara langsung anda berusaha meminimalisir kerugian yang ditimbulkan akibat downtime jika sebelumnya telah mempersiapkan suku cadang mesin.

5. Pilih yang terjamin kualitasnya

kualitas suku cadang mesin

Biasanya, spare parts mesin yang resmi berkualitas cenderung mengocek dana lebih banyak dibandingkan dengan kualitas KW alias abal-abal. Bahayanya lagi,  menggunakan komponen murahan akan membuat mesin manufaktur memiliki resiko kerusakan yang besar.

Dampaknya, penggunaan komponen yang abal-abal memiliki kompatibilitas yang rendah terhadap komponen yang lainnya. Sehingga perangkat lain yang awalnya baik-baik saja menjadi cepat rusak. Jika sudah terjadi, mau tidak mau anda harus merogoh kocek yang cukup besar untuk melakukan perbaikan mesin industri.

Namun jangan khawatir, distributor resmi Cipta Hydropower Abadi menyediakan spare parts hydraulic system industri lengkap sesuai kebutuhan mesin anda. Untuk informasi seputar penawaran harga dan s ketersediaan stok, silahkan hubungi dibawah ini;

PT CIPTA HYDROPOWER ABADI

08-111-77633 (whatsapp chat only)

info@ciptahydropower.com

Semoga ulasan diatas dapat menjadi rujukan bermanfaat bagi Anda !!

Bagikan Sekarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *