Skip to content
Beranda » Selang » Perawatan Selang Hidrolik Cukup 3 Langkah Bagi Pemula

Perawatan Selang Hidrolik Cukup 3 Langkah Bagi Pemula

perawatan selang hidrolik
perawatan selang hidrolik

Agar selang hidrolik tidak mudah bocor, maka diperlukan beberapa tahapan perawatan selang hidrolik. Untuk pemula cukup 3 langkah mudah saja berikut ini.

Jika dibandingkan dengan komponen lainnya, benar saja selang hidrolik hanya memiliki life time yang tergolong cukup pendek. Sebabnya, karena material utamanya terbuat dari karet. Meskipun sudah tercampur dengan beberapa logam seperti kawat, namun tetap saja karet tidak bisa bertahan lama layaknya besi maupun baja.

Perawatan Selang Hidrolik

Tidak hanya mesin saja, namun hose hydraulic juga kerap membutuhkan perawatan dari penggunanya. Dengan demikian, maka resiko selang hidrolik bocor sebelum waktunya dapat diminimalisir dengan mudah.

Oleh sebab itu, Mekanik Hydro hadir untuk memberikan beberapa tips mudah dalam melakukan perawatan selang hydraulic mesin anda, khususnya bagi pemula. Berikut selengkapnya;

1. Menggunakan spiral guard

Apa itu spiral guard? Seberapa pentingnya bagi kegunaan selang hidrolik mesin anda?

Spiral Guard merupakan asesories yang berbentuk spiral. Memiliki fungsi sebagai pelindung hydraulic dan pneumatic hose dari abrasi, shock, dan gesekan yang berlebihan akibat aktivitas mesin. Dengan demikian, maka peluang getas dan kebocoran pada hose dapat diminimalisir dengan mudah.

Menggunakan spiral guard menjadi solusi tepat sebab spiral hose ini diklaim dapat menangkal sinar terik matahari ketika mesin beroperasi diluar ruangan. Selain terbebas dari paparan cuaca terik maupun hujan, spiral hose juga dapat mencegah gesekan antar sesama mesin, sehingga resiko getas dapat terhindarkan.

Sebelum memasang spiral hose, pastikan selang hidrolik dalam keadaan bersih dari debu ya.

2. Menggunakan produk hose resmi

Ingat ya, jangan pernah menggunakan produk selang hidrolik palsu atau tidak resmi. Mengapa?

Meskipun diklaim lebih murah serta menghemat kantong, namun siapa sangka penggunaan selang hidrolik abal-abal justru menjadi malapetaka bagi mesin. Penggunaan sparepart abal-abal sudah pasti dapat memicu kerusakan mesin lebih cepat. Bisa saja berawal dari downtime, breakdown, hingga mesin overheat.

Khususnya selang hidrolik yang merupakan wadah dalam menyalurkan fluida menuju mesin, sangat fatal jika pemilihan hose dengan kualitas buruk. Hose yang kualitasnya rendah sudah pasti tidak dapat menahan tekanan dari fluida. Akibatnya menjadi bocor.

Oleh sebab itu gunakan produk hose hydraulic resmi langsung dari distributor resmi Cipta Hydropower Abadi.

3. Gunakan layanan instalasi hose

Sudah berapa banyak kasus salah pasang hose?

Banyak faktor mesin menjadi rusak lebih cepat, salah satunya karena kesalahan pemasangan selang hidrolik. Bisa saja tidak fitting atau hose tidak kencang karena tools yang digunakan kurang mendukung. Imbasnya? Jangan heran jika sekitaran hose terdapat kebocoran oli yang tak kunjung reda meskipun sudah dibersihkan rutin.

Oleh sebab itu, layanan Hydropower hadir untuk melakukan instalasi selang hidrolik anda.

Nah selesai sudah ulasan tentang perawatan selang hidrolik dengan mudah khusus bagi pemula. Semoga bermanfaat untuk anda dan jangan lupa dipraktekkan ya..

Bagikan Sekarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *