Beranda » Hidrolik » Tips Perawatan Dump Truck Agar Lebih Awet Bagi Pemula

Tips Perawatan Dump Truck Agar Lebih Awet Bagi Pemula

perawatan dump truck
perawatan dump truck

Perawatan dump truck secara berkala terbukti dapat memperpanjang lifetime mesin. Khusus bagi anda pemula, intip tips lengkapnya disini.

Tidak hanya kendaraan pribadi saja, dump truck juga membutuhkan perawatan secara berkala. Perawatan merupakan hal penting yang dilakukan oleh pengguna bisnis khususnya dalam sektor pertambangan maupun konstruksi agar kinerja mesin dump truk lebih awet dan tahan lama. Semakin berkualitas, maka kinerja yang dihasilkan akan terasa maksimal dan handal.

Perawatan Dump Truck Bagi Pemula

Jika anda seorang pemula atau masih awam dalam dunia mesin, mungkin anda akan mengalami beberapa kesulitan ketika melakukan perawatan pada mesin maupun kendaran berbasis hydraulic. Lain hal nya dengan kendaraan pribadi, kendaraan alat berat terdiri dari lingkup komponen yang lebih kompleks sehingga tanpa pengetahuan yang cukup tentu menjadi sulit.

Jangan khawatir, berikut tips lengkap untuk anda dalam melakukan perawatan pada dump truck. Selengkapnya berikut ini;

1. Panaskan mesin

Sama hal nya seperti kendaraan mini bus roda empat, sebelum beroperasi dump truck juga membutuhkan pemanasan mesin setidaknya lima menit. Hal ini bertujuan agar seluruh komponen mesin dapat terlumasi secara merata sebelum nantinya digunakan untuk membawa beban material berat.

2. Cek tangki bahan bakar

Sebelum dioperasikan, pastikan juga untuk mengecek takaran bahan bakar yang tertera pada spedometer dump truck. Kadang kala pengguna terlalu asik mengoperasikan sehingga lalai atau lupa untuk mengisi bahan bakar kembali. Pasalnya, ketika mesin kehabisan bahan bakar maka sistem injeksi akan bermasalah sehingga membutuhkan jasa bengkel alat berat terdekat.

3. Gunakan oli sesuai standar

Pastikan untuk menggunakan oli sesuai standar pabrik atau yang tertera pada buku panduan. Pasalnya, oli pabrikan jenis ini memang telah direkomendasikan untuk mesin dump truck sehingga kinerja lubrikasi dapat lebih lancar. Selain itu, jangan lupa juga untuk mengecek kadar oli seminggu dua kali ketika dump truck lebih banyak digunakan pada area tambang.

4. Membersihkan mesin secara rutin

Khususnya bagi dump truck yang beroperasi di area konstruksi, biasanya akan lebih cepat mengalami kotor terutama pada bagian filter karena rawan debu dan kotoran. Untuk itu, sangat disarankan lebih sering melakukan pergantian filter solar untuk mencegah kotoran halus tidak mudah masuk kedalam mesin.

5. Perhatikan beban muatan kendaraan

Setiap kendaraan memiliki beban maksimal termasuk dump truck. Oleh sebab itu sebaiknya pengguna perlu mengetahui beban maksimal yang akan diangkut dan jangan melebihi kapasitas maksimal. Pasalnya, kendaraan yang memuat kapasitas over load maka dapat menyebabkan mesin cepat rusak sehingga beresiko terjadinya kecelakaan.

6. Perawatan silinder hidrolik

Terakhir, anda perlu melakukan perawatan silinder hidrolik dengan menggunakan oli yang berkualitas untuk menjaga kinerja hidrolik. Selain itu, pastikan juga hidrolik terhindar dari benda tajam dan sejenisnya yang berpotensi membuat kebocoran.

Hindari Lakukan Ini

Menurut Moch. Kosasih selaku Workshop Head PT Hino Catur Kokoh Mobil Nasional mengatakan, perawatan memegang peranan penting dalam bisnis angkutan. Sisi buruknya, pengusaha sering melakukan praktik overload yang jelas memperpendek umur kendaraan.

Semua dump truck memiliki batas kemampuan maksimum yang tidak boleh dilampaui. Yang paling berisiko adalah kelebihan beban. Hal ini akan mengurangi kontrol kendaraan dan potensi kecelakaan meningkat.

Setidaknya para pengguna dump truck harus tahu beberapa poin dibawah ini;

  1. Pengemudi harap memperhatian bahwa kendaraan bermuatan dan tidak bermuatan memiliki kontrol yang berbeda. Jarak antar kendaraan, percepatan, dan respons kemudi harus pada kondisi puncak.
  2. Ketika dump truck akan dinaikkan, kemungkinan besar risiko truk menjadi terbalik saat berjalan di permukaan jalan yang tidak rata.
  3. Ketika bak dump dinaikkan, pastikan tidak ada orang di sekitar bak dump karena area sangat berbahaya.
  4. Ketika meninggalkan area loading pastikan untuk membersihkan kotoran atau kerikil di bagian dalam dan sisi. Sebab dapat membahayakan pengendara lain yang berada di belakang dump truck.
  5. Agar lebih safety, gunakan tutupan ketika dump truck membawa material halus seperti tanah atau pasir untuk mencegah terpaan angin yang keras saat di jalan.

Nah itulah ulasan tentang 6 tips mudah dalam melakukan perawatan dump truck. Semoga dapat bermanfaat untuk anda dan jangan lupa dipraktekkan yaa..

Bagikan Sekarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *