Beranda » Tips » Simak Cara Mengetahui Selang Hidrolik Forklift Berkualitas

Simak Cara Mengetahui Selang Hidrolik Forklift Berkualitas

Selang hidrolik forklift
Selang hidrolik forklift source google.com

Sebagian orang masih bertanya-tanya bagaimana cara memilih selang hidrolik forklift berkualitas? Tidak hanya pada excavator saja, namun selang hidrolik juga dibutuhkan pada alat mesin forklift yang saat ini penggunaannya menjamah sektor perindustrian.

Memasuki era industri, berabagai alat pun tercipta untuk menunjang efisiensi kebutuhan kerja, salah satunya forklift. Nyatanya, kehadiran forklift dianggap mempunyai nilai efisiensi tinggi terhadap daya logistik perusahaan dalam memindahkan barang yang jumlahnya besar. Nah bagi kalian pecinta alat berat, sudah tahu belum pengertian forklift? Yuk intip ulasannya berikut ini !

Apa itu Forklift?

Selain istilah forklift, nyatanya alat berat ini juga dapat disebut dengan Angkutan Multimoda. Forkift adalah mobil berjalan atau kendaraan yang memiliki 2 garpu yang dapat digunakan untuk mengangkat pallet. Umumnya, garpu pada forklift bersifat kompatibel dengan pallet yang beredar di pasaran. Barang akan dilektakkan diatas pallet, baru kemudian barang tersebut dipindahkan atau diangkat ke lokasi tertentu.

Menggunakan Sistem Hidrolik

Forklift menggunakan sistem hidrolik yang tidak jauh berbeda pada alat berat excavator. Poros kerja sistem hidrolik hanyalah maju dan mundur. Sangat simpel dan sederhana.

Agar hidrolik dapat bekerja dengan optimal, maka dibutuhkan fluida dalam mengalirkan ke ektuaktor. Untuk menghantarkan fluida, maka peranan selang hidrolik menjadi piranti utama dalam menghasilkan tenaga pada hidrolik.

Mengenali Selang Hidrolik Forklift Berkualitas

Penggunaan selang hidrolik kini merambah pada segmen industri dan kendaraan angkutan publik. Meskipun hanya berupa selang, namun kualitas yang digunakan dapat mempengaruhi kinerja sebuah mesin. Oleh sebab itu, jangan sampai anda terjebak pada kualitas selang yang abal-abal alias kw.

Mencegah lebih baik daripada mengobati, setujukah anda? Sebelum mesin berakhir dengan kondisi rusak, maka dari itu pastikan selang hidrolik anda mempunyai indikator berikut ini;

Fleksibel

Pertama, pastikan selang hidrolik yang digunakan bersifat fleksibel atau lentur. Hal ini dimaksudkan agar selnag hidrolik tidak dalam kondisi tegang. Pastikan selang yang dipasang terdapat sisa 5% dari ukuran panjang selang, hal ini bertujuan agar ketika mencapai titik tekanan tinggi dapat mengembang, serta dapat menyusut saat tekanan kembali rendah.

Baca Juga; Penyebab Selang Hidrolik Rusak dan Cara Mudah Mengatasinya

Bertekanan Tinggi

Selanjutnya, pastikan juga selang memiliki tekanan tinggi hingga mencapai 100 derajat celsius. Hal ini dimaksudkan agar selang tidak mengalami kerusakan lebih cepat ketika suhu mesin mencapai level maksimum.

Perlu diketahui bahwa semua jenis selang hidrolik memiliki titik tekanan yang berbeda. Namun bukan berarti semakin tinggi tekanan tersebut maka semakin baik digunakan. Oleh sebab itu pastikan anda mengkonsultasikan hal ini ke ahlinya.

Getas Dalam Jangka Waktu Lama

Salah satu problema yang kerap dialami selang hidrolik yakni cepat mengalami getas. Apa sih getas? Getas merupakan suatu kondisi dimana komponen sudah rapuh atau pecah sehingga diperlukan pergantian baru. Getas terjadi pada bahan material karet.

Getas lebih cepat salah satunya disebabkan oleh merk yang digunakan dan perawatan yang kurang maksimal. Tidak heran getas menjadi tidak terhindarkan. Jika sudah getas, maka resiko yang dialami yakni kebocoran pada selang.

Tipsnya yakni gunakan merk berkualitas dan rekomended. Jangan gunakan produk abal-abal hanya karena harganya yang relatif murah. Selain itu, ada baiknya untuk mengganti selang hidrolik tiap mencapai jadwal berkala. Ingat, jangan sampai selang hidrolik sudah getas baru anda lakukan pergantian. Sangat fatal.

Nah itulah ulasan mengenai kualitas selang hidrolik pada alat forklift. Semoga dapat bermanfaat untuk anda. Senang dapat berbagai informasi berharga seputar selang hidrolik.

Bagikan Sekarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *