Skip to content
Beranda » Permasalahan » Penyebab Selang Hidrolik Rusak dan Cara Mudah Mengatasinya

Penyebab Selang Hidrolik Rusak dan Cara Mudah Mengatasinya

penyebab selang hidrolik rusak
penyebab selang hidrolik rusak source google.com

Kira-kira, apasih penyebab selang hidrolik rusak ? Hampir di semua segmen perindustrian kerap membutuhkan selang hidrolik demi menunjang pekerjaan. Biasanya, selang hidrolik sangat amat dibutuhkan pada forklift, excavator, dan lain sebagainya.

Awas, jangan sampai selang hidrolik rusak dapat menghambat kinerja anda. Tidak dapat dipungkiri bahwa selang hidrolik merupakan komponen yang membutuhkan pergantian lebih cepat dibandingkan unit lainnya. Hal ini disebabkan oleh material yang terbuat dari karet sehingga rentan dalam kondisi tertentu.

Ternyata Ini Penyebab Selang Hidrolik Cepat Rusak

Meskipun hanya sebuah selang, namun jangan anggap sepele ya. Selang hidrolik merupakan salah satu bagian unit yang memiliki peranan sebagai pengantar zat fluida untuk diubah menjadi tenaga dalam aktuaktor.

Umumnya, salah satu ciri selang hidrolik rusak yakni selang yang sudah dalam kondisi getas hingga tak jarang menimbulkan kebocoran. Mengapa hal ini dapat terjadi? Selengkapnya simak  dibawah ini;

1. Waktu Pemakaian

Penyebab yang pertama yakni waktu pemakaian. Umumnya, selang hidrolik memiliki batas usia tertentu berkisar 3 bulan hingga 6 bulan, namun sekali lagi kondisi tersebut tergantung dari pemakaian pengguna.

Namun tidak jarang beberapa pengguna yang malas mengganti selang hidrolik hingga rusak. Jika sudah rusak, barulah ia mengganti selang tersebut. Bukankan hal ini justru dapat membahayakan kondisi mesin?

Oleh sebab itu, maka sangat dianjurkan untuk mengganti selang hidrolik sebelum terjadinya kerusakan. Ingat, lebih baik mencegah daripada mengobati.

Baca Juga : Yuk Intip Nominal Umum Harga Selang Hidrolik Excavator

2. Selang Sudah Getas

Penyebab selanjutnya yakni kondisi selang yang suah mengalami getas. Apa itu getas? Menurur Kamu Besar Bahasa Indonesia, gtas juga dapat diartikan sebagai rapuh, mudah sobek, mudah pecah. Intinya, getas adalah kondisi dimana komponen sudah tidak sehat lagi sehingga mudah mengalami kerusakan.

Mengapa selang cepat getas? Hayoo, coba ingat kembali pembuatan material selang dari apa? Tepat sekali, mayoritas menggunakan bahan baku utama dari karet. Karet jika digunakan secara terus-menerus tentu akan cepat mengalami getas sehingga perlu dilakukan penanaganan segera mungkin.

3. Terkena Paparan Sinar Matahari

Selanjutnya yakni kondisi lingkungan saat pengoperasian kerja. Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa getas sangat rentan terjadi jika selang langsung terkena paparan matahari. Maka tidak heran bila selang menjadi cepat rapuh sehingga dapat membahayakan pengoperasian kerja.

Nah itulah ulasan terkait penyebab selang hidrolik cepat menjadi rusak. Yuk mulai tanamkan rasa bijak dalam memerhatikan perawatan selang hidrolik. Jangan lupa, pastikan produk dan perawatan tepat pada ahlinya.

Sampai jumpa di artikel berikutnya..

 

Bagikan Sekarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *