Beranda » Pemasangan » Wajib Tahu, Hydraulic Hose Adalah Sebagai Berikut Ini

Wajib Tahu, Hydraulic Hose Adalah Sebagai Berikut Ini

selang hidrolik
selang hidrolik source google.com

Pengguna industri wajib tahu apa itu hydraulic hose? Secara sederhana, selang hidrolik atau hydraulic hose adalah sebuah kontimen berupa selang yang mempunyai peranan sebagai penghantar fluida ke ektuaktor untuk diubah menjadi energi pada mesin.

Agar dapat menghantarkan dengan baik, maka hydraulic hose harus bersifat fleksibel atau lentur. Namun perlu diingat bahwa kelenturan tiap hydraulic hose mempunyai titik kelenturan berbeda. Bukan berarti semakin lentur semakin bagus, justru hal ini tergantung pada kondisi lapangan masing-masing. Alangkah lebih baik lagi untuk berkonsultasi dengan ahlinya untuk meminamalisir asumsi yang kurang tepat.

Fungsi Hydraulic Hose

Salah satu keuntungan menggunakan sistem hidrolik yakni sangan cocok digunakan pada lingkungan bertekanan tinggi, salah satunya excavator yang beroperasi dibawah paparan sinar matahari. Tidak hanya pada excavator saja, namun hydraulic hose juga diterapkan pada alat excavator, forklift, crane, bulldozer, dan masih banyak lainnya.

Fungsi utama dari hydraulic hose adalah yakni sebagai wadah penyambung antara satu permukaan dengan permukaan lainnya, dimana aliran fluida dapat dihantarkan ke bagian ektuator.

Kegunaan hydraulic hose hampir menjamah berbagai sektor industri hingga pertambangan. Maka tidak heran bila produsen hydraulic terus bertambah di berbagai belahan dunia.

Baca Juga : Penyebab Selang Hidrolik Rusak dan Cara Mudah Mengatasinya

Masalah Umum Hydraulic Hose

Namun sebagus-bagusnya produk pun, hydraulic hose dapat mengalami kondisi getas dalam kurun waktu tertentu. Oleh sebab itu, beebrapa ahli mengemukakan bahwa waktu terbaik mengganti selang tiap mencapai 3 – 6 bulan sekali.

Perlu diperhatikan, jangan tunggu getas baru diganti. Hal ini justru dapat menyebabkan aliran fluida merembes sebab kondisi selang yang sudah bocor. Dampaknya? Tentu akan mempengaruhi kenyamanan mesin anda. Faktanya, beberapa kasus selang hidrolik yang sudah getas justru dapat menimbulkan kerusakan mesin hingga memicu overheating. Waduh, bahaya sekali bukan?

Distributor Terpercaya Hydraulic Hose

Meskipun hanya sebauah selang, namun jangan sampai terjebak pada kualitas abal-abal alias kw. Untuk meminimalisir kondisi tersebut, anda butuh distributor hydraulic hose tepat dan terpercaya. Pastikan merek dan kualitas anda rasakan sendiri manfaatnya dengan menggunakan jasa pelayanan pasang hydraulic hose pada mesin anda.

Mau konsultasi langsung dengan ahlinya? Hubungi kami disini.

Bagikan Sekarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *