Skip to content
Beranda » Selang » Pengertian dan Macam Macam Selang Hidrolik Lengkap

Pengertian dan Macam Macam Selang Hidrolik Lengkap

selang hidrolik
selang hidrolik source google.com

Seiring dengan meningkatnya kebutuhan industri, pun diikuti dengan merebaknya penggunaan alat berat berbasis sistem hidrolik. Selang hidrolik merupakan salah satu komponen penting sebab peranannya bersifat menghantarkan fluida. Tanpa keberadaan selang, mungkin mesin tidak dapat bekerja dengan optimal.

Mau tahu pengertian selengkapnya? Yuk simak uraian ulasan berikut ini.

Pengertian Selang Hidrolik

Hydraulic hose atau selang hidrolik merupakan salah satu bagian pada unit yang berfungsi sebagai penghantar oli hydraulic sesuai tekanan yang diinginkan. Umumnya, selang tersebut berbahan karet sintetis, termoplastik atau teflon yang diperkuat oleh material pendukung berupa kawat. Dengan material tersebut, selang tidak akan mudah terkelupas atau rusak lebih cepat meskipun mengalirkan cairan yang bersifat panas sekalipun.

Selain perindustrian, selang tersebut juga banyak digunakan diberbagai bidang seperti pertambangan, pertanian, konstruksi pembangunan, dan lain sebagainya.

Pada dasarnya, fungsi dari sebuah hydraulic hose yakni sebagai penghantar fluida berupa oli kedalam mesin ektuaktor untuk selanjutnya diubah menjadi tenaga atau energi.

Baca Juga : Simak Cara Mengetahui Selang Hidrolik Forklift Berkualitas

Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk  menggunakan selang bertekanan tinggi, namun hal ini disandarkan kembali kepada jenis dan spesifikasi mesin.

Macam-Macam Selang Hidrolik

Jika ditilik lebih dalam, nyatanya selang hydraulic terdapat beberapa macam yang wajib banget untuk anda ketahui. Hal ini penting sebelum anda memutuskan untuk digunakan pada mesin. Agar tidak salah pilih jenis atau tipe selang, yuk simak penjelasan selengkapnya dibawah ini;

1. Selang Hidrolik PTFE (PTFE Hydraulics Hose)

Selang jenis ini terbuat dari bahan teflon atau politetrafluoroetilena (PTFE) sehingga dapat tahan terhadap kondisi abrasi, bahan kimia, hingga cuaca ekstrem dalam lingkungan kerja. Sudah tahu belum? Selang jenis satu ini memiliki tingkat kofisien dengan gesekan rendah, ramah lingkungan, cocok untuk cuaca dingin maupun panas, dan tahan lama.

2. Selang Spiral Wire Hose

Hampir sama dengan selang PTFE, selang jenis ini dapat bertahan disegala kondisi cuaca ekstrem serta dapat tahan lama. Anda harus tahu ini, menariknya, tipe ini dilengkapi dengan mur segimpat dan segienam, sehingga saat dipasang pada mesin hidrolik tidak akan longgar.

3. Selang Termoplastik

Selang termoplastik merupakan jenis selang yang banyak dipakai untuk menyalurkan cairan hidrolik dan minyak bumi. Biasanya jenis ini ramai digunakan oleh kalangan penggiat pertambangan dan minyak gas bumi. Mengingat peranannya, selang jenis ini tidak akan mudah rusak meski dilanda cuaca ekstrem sekalipun serta tahan lama.

4. Selang Rem Udara/Selang Udara Terkompresi (Air Brake/Compressed Air)

Jika dilihat secara sekilas, selang jenis ini hampir mempunyai kemiripan dengan selang termoplastik. Perbedaannya yakni terdapat pada bagian tengah lingkaran selang yang lebih tebal dibanding selang termoplastik. Terbuat dari  bahan berkualitas sehingga tidak akan mengalami kebocoran hidrolik. Selain itu juga dilengkapi dengan standar emisi bagus, dan kuat.

Jadi, selang mana pilihan anda? Apapun jenisnya, pastikan selang hidrolik memiliki kualitas terbaik untuk menjaga kenyamanan performa mesin anda. Dapatkan disini.

Bagikan Sekarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *