Beranda » Tips » 5 Penyebab Silinder Alat Berat Rusak & Cara Mengatasinya

5 Penyebab Silinder Alat Berat Rusak & Cara Mengatasinya

silinder alat berat rusak
silinder alat berat rusak

Apa saja penyebab silinder alat berat rusak serta cara mengatasinya dengan mudah? Jangan bingung lagi, simak ulasannya berikut ini.

Agar excavator dapat bergerak dengan optimal maka membutuhkan silinder hidrolik dalam menggerakkan berbagai komponen seperti bucket, arm dan boom. Fungsi hadirnya silinder ini untuk mempermudah atau mempercepat sistem kerja di excavator.

Mudahnya, cara kerja excavator pada silinder hidrolik terjadi buka tutup piston silinder yang memompa dan menekan oli hidrolik untuk menghasilkan gerakan sesuai yang diinginkan oleh operator. Jika silinder hidrolik terjadi kebocoran pada seal silinder hidrolik maka sistem hidrolik menjadi gagal tidak bisa bekerja.

Penyebab Silinder Alat Berat Rusak

Tahukan Anda?

Silinder Bucket merupakan salah satu komponen yang memiliki persentase kerusakan pada attachment. Tentu saja hal ini dapat berdampak pada performa unit jika dibiarkan hingga menyebabkan kerusakan yang lebih parah baik pada silinder bucket maupun unit secara keseluruhan.

Berikut ini beberapa penyebab kerusakan yang umumnya terjadi pada alat berat, diantaranya;

1. Kebocoran oli pada seal silinder Bucket

2. Kebocoran oli pada hose – hose silinder Bucket

3. Piston silinder Bucket Abnormal

4. Oli pada sistem dan silinder Bucket berkurang

5. Seal silinder Bucket Rusak

6. Rod silinder mengalami cacat atau tergores

7. Tekanan hydraulic menuju silinder abnormal

Jika diduga adanya kerusakan pada silinder hidrolik maka analisis gangguan tersebut terletak pada hal-hal berikut ini :

  1. Rod silinder mengalami cacat atau tergores
  2. Minyak pelumas yang tidak mencukupi
  3. Minyak pelumas bocor
  4. Seal silinder hidrolik rusak
  5. Piston tidak bekerja dengan baik

Cara Mengatasi Silinder Alat Berat Rusak

Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan silinder dengan beberapa pemeriksaan seperti ;

1. Membuka hose dan melepas rod silinder

Cek apakah rod silinder mengalami cacat dan apakah seal silinder mengalami kerusakan. Jika memang kenyataanya sudah rusak, maka mau tidak mau harus direpair atau diganti dengan yang baru.

2. Menambahkan minyak pelumas

Kerusakan pada komponen mungkin juga dapat disebabkan oleh minyak pelumas berkurang dari keadaan normal. Jumlah minyak pelumas harus sesuai dengan ukuran. Ukuran disesuaikan dengan jenis excavator. Oleh sebab itu, dapat ditambahkan minyak pelumas jika minyak pelumas kurang agar excavator bisa bekerja secara optimal.

3. Mengatasi kebocoran

Gangguan lainnya yang paling sering terjadi adalah kebocoran minyak pelumas pada silinder hidrolik bucket dan pipa. Cara mengetahuinya dengan dilakukan pemeriksaan langsung pada komponen. Mudahnya, adanya indikasi kebocoran terlihat pada tetesan pada silinder hidrolik. Penyebabnya karena seal sudah rusak atau terdapat bagian pipa yang sudah pecah. Lakukan pergantian atau repair dengan segera.

Demikian ulasan seputar mengetahui penyebab serta solusi mengatasi silinder alat berat rusak. Semoga dapat menjadi rujukan terpercaya Anda.

Jika butuh alat spare part hidrolik system, kunjungi kami disini.

Bagikan Sekarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *