Skip to content
Beranda » Tips » 5 Perawatan Forklift Mudah & Praktis Untuk Pemula

5 Perawatan Forklift Mudah & Praktis Untuk Pemula

perawatan forklift
perawatan forklift

Bagaimana perawatan forklift yang mudah & praktis untuk pemula? Simak tipsnya berikut ini untuk mempermudah perawatan harian Anda.

Hadirnya alat bantu forklift memang sangat memudahkan bagi pengguna khususnya pada sektor industri hingga logistik. Forklift adalah alat bantu untuk mengangkat benda-benda berat dari satu tempat ke tempat yang lainnya, sehingga tergolong alat bantu yang sangat ideal dalam operasional industri ataupun kegiatan lainnya.

Pada dasarnya, forklift terdiri dari berbagai jenis, salah satunya diesel dan elektrik. Oleh sebab itu untuk menyesuaikan kebutuhan, pemilihan forklift harus tepat agar proses operasional efektif.

5 Perawatan Forklift Mudah

Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa perawatan pada mesin menjadi salah satu tombak utama untuk mempertahankan performa unit forklift. Dengan demikian, resiko kerusakan seperti downtime hingga aus dapat terminimalisir pada saat penggunaan terus menerus.

Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan sebagai perawatan pada forklift, diantaranya ;

1. Periksa bahan bakar

Sangat penting untuk memastikan bahan bakar selalu tersedia. Selain itu, juga pastikan minyak atau cairan lainnya seperti transmisi, hidrolik, pendingin, dan oli diperiksa secara teratur agar tidak terjadi kekosongan selama pemakaian.

2. Lumasi minyak pada bagian mesin

Jika diperhatikan, forklift memiliki bagian komponen yang bergerak secara aktif, seperti pedal untuk penyangah garpu bagian depan. Untuk menghindari terjadinya kondisi aus hingga kering sebab gesekan selama pemakaian, usahakan lumasi minyak pada bagian tersebut.

Hal ini tentunya untuk mencegah dampak buruk pada kinerja forklift hingga mengganggu kinerja mesin.

3. Cek ban forklift

Tidak hanya mesin, namun kondisi ban juga perlu di cek seperti tekanan udara sudah sesuai. Dengan demikian, beban yang dibawa oleh fokrlift dapat stabil dan mencegah terjadinya limbung.

4. Cek kondisi gauges fokrlift

Tak kalah penting, selalu perhatikan kondisi gauges pada forklift yang terdapat pada panel instrumen. Ini berfungsi sebagai informasi jika terjadi indikasi yang eror atau bermasalah. Maka dari itu, harus dipastikan instrumen ini berfungsi dengan baik agar kerusakan pada bagian lain dapat diketahui secara benar dan baik.

5. Jaga kondisi baterai & aki

Khusus tipe forklift yang menggunakan tenaga baterai, penting untuk memastikan kondisi baterai maupun aki dalam kondisi baik dan sudah tercharge penuh.

Namun ingat, jika unit sedang tidak digunakan dalam waktu lama, sebaiknya lepas kabel kabel yang menghubungkan ke baterai atau accu. Hal ini menghindari terjadinya baterai cepat habis daya. Perawatan menjaga baterai akan mempengaruhi umur baterai atau accu itu sendiri.

 

Nah demikian informasi seputar tips perawatan forklift, semoga bermanfaat..

Bagikan Sekarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *