Skip to content
Beranda » Tips » Ternyata Ini 8 Makna & Arti Warna Helm Proyek Lengkap

Ternyata Ini 8 Makna & Arti Warna Helm Proyek Lengkap

warna helm proyek
warna helm proyek

Tidak hanya sekedar berwarna-warni, nyatanya masing-masing warna helm proyek memiliki makna dan arti tersendiri agar mudah dikenali dari jabatannya. Penasaran? Yuk intip ulasannya berikut ini.

Ketika memasuki area pertambangan maupun konstruksi, keselamatan diri adalah kunci utama. Selain menggunakan sarung tangan serta rompi pantul, topi menjadi salah satu pelindung diri yang wajib digunakan.

Pentingnya Warna Helm Proyek

Pada dasarnya, helm proyek area tambang maupun konstruksi tentunya memiliki makna dan arti tersendiri. Selain berfungsi sebagai keselamatan para pekerja agar terhindar dari reruntuhan material seperti pasir maupun kerikil, warna pada helm juga dapat memudahkan seseorang untuk mengenali dari jabatannya.

Dengan adanya helm yang berwarna-warni dapat memudahkan para pekerja saat terlihat di area tambang sehingga dapat mencegah terjadinya tabrakan dan mengurangi risiko kecelakaan kerja.

Nah oleh sebab itu dalam memilih helm proyek tidak boleh asal pilih sesuai selera, karena sejatinya helm mempunyai makna penting dalam mencerminkan posisi atau jabatan individu dalam sebuah proyek.

8 Makna & Arti Warna Helm Proyek

Dikutip dari berbagai sumber, hingga kini terdapat delapan kode warna helm proyek yang secara umum digunakan untuk mengenali para pekerja berdasarkan posisi dan jobdesc atau deskripsi kerja mereka. Diantaranya sebagai berikut;

1. Helm Warna Kuning

Umumnya, helm berwarna kuning paling sering dilihat kita ketika melintasi pekerjaan proyek. Penggunanya tidak terlepas dari  pekerja umum, operator, dan sub kontraktor. Jadi tidak heran jika warna kuning pada helm telah menjadi iconic bagi pekerja proyek khususnya skala besar.

2. Helm Warna Biru

Sementara helm warna biru digunakan untuk para pekerja yang memiliki jabatan sebagai site supervisor, pengawas sementara, serta oeprator pekerja yang berhubungan dengan kelistrikan. Dalam area lapangan, helm ini lebih banyak digunakan oleh operator alat-alat berat seperti buldozer, forklift, dan crane.

3. Helm Warna Hijau

Biasanya warna hijau sudah umum melekat menjadi iconic lingkungan. Jadi, warna hijau pada helm proyek biasanya diperuntukkan untuk pengawas lingkungan.

4. Helm Warna Merah

Pekerja yang menggunakan helm berawarna merah biasanya digunakan oleh pihak yang bertanggung jawab dalam memeriksa sistem keselamatan yang sudah terpasang dan berfungsi sesuai standar kesehatan.

5. Helm Warna Putih

Warna putih pada helm diperuntukkan untuk  pihak yang memiliki peranan penting dalam sebuah proyek, seperti  manajer, pengawas, insinyur, dan mandor.

6. Helm Warna Pink

Bagi para pekerja baru atau magang, sudah pasti harus menggunakan helm berawarna pink atau merah muda.

7. Helm Warna Coklat

Ketika pekerja menggunakan helm berwarna coklat, biasanya pekerja tersebut berstatus sebagai tukang las atau para pekerja yang berhubungan dengan aplikasi panas tinggi.

8. Helm Warna Oranye

Terakhir, orang yang menggunakan helm berwarna oranye, maka dapat disimpulkan orang tersebut adalah tamu yang tengah berkunjung ke perusahaan tambang.

Nah selesai sudah ulasan seputar helm yang digunakan di area proyek. Temukan wawasan bermanfaat lainnya seputar tambang dan industri hanya di Hydraulic Hose.

Bagikan Sekarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *