Beranda » Hidrolik » 12 Contoh Mesin Industri Kecil & Pabrik Populer Lengkap

12 Contoh Mesin Industri Kecil & Pabrik Populer Lengkap

contoh bisnis industri
contoh mesin industri

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, bisnis industri memang menjanjikan terutama dari profit. Berikut contoh mesin industri kecil maupun besar. Selengkapnya simak ulasan berikut ini.

Bisnis atau berwirausaha memang makin meningkat diberbagai wilayah terutama ibukota. Khususnya dimasa pandemi, salah sau bisnis yang makin berkembang pesat ialah bisnis online maupun makanan. Namun tidak dapat dipungkiri juga bahwa bisnis industri semakin menjadi lahan empuk dalam memperoleh profit yang menjanjikan asal diimbangi dengan tekun dan pantang menyerah.

Bisnis Industri

Baik sektor pakaian, logam, besi, makanan, hingga kebutuhan rumah tangga pun seluruhnya sudah mencakup bisnis industri. Jadi itulah mengapa bisnis industri semakin laris digandrungi oleh sebagian besar pengusaha yang menginginkan profit tinggi.

Namun pada dasarnya, bisnis industri adalah usaha atau kegiatan pengolahan barang mentah atau setengah jadi menjadi barang konsumsi yang memiliki nilai tambah untuk mendapatkan keuntungan bagi produsen. Usaha perakitan dan reparasi juga merupakan bagian dari industri.

Tidak hanya itu saja, kini layanan atau jasa sudah mencakup bisnis industri, baik untuk melayani dan menunjang aktivitas industri yang lain maupun langsung memberikan pelayanan/jasa kepada konsumen. Contoh Industri Jasa, yaitu: Asuransi, Bursa efek, Perbankan, Transportasi, Pendidikan, Perdagangan, Perawatan, dll

Jenis Mesin Industri

Dalam industri pabrik besar, jenis mesin industri umumnya terbagi menjadi tiga jenis dibawah ini;

1. Radial Drilling Machine

Radial Drilling Machine

 

Uniknya, jenis mesin ini dapat bergerak berputar hingga 360 derajat sehingga dinilai lebih fleksible dan memudahkan pengguna dalam melakukan pengeboran benda kerja agar lebih presisi.

2. Vertical Drilling Machine

Vertical Drilling Machine

 

Lain hal nya denhan jenis mesin yang dapat melakukan pengeboran dengan posisi vertikal secara otomatis dapat diatur tingkat kedalaman pengeborannya. Hasilnya, proses pengeboran lebih akurat sesuai permintaan.

3. Milling & Drilling Machine

Vertical Drilling Machine

 

Merupakan hasil kombinasi dari jenis Milling dan Drilling. Fungsinya yakni memiliki proses kerja dengan menyayat benda kerja sehingga meratakan benda kerja sesuai keinginan. Mesin perkakas Milling ini menggunakan alat potong atau bor bermata banyak yang berputar.

Sebab hasil kombinasi, jenis mesin ini menghasilkan kelebihan yang lebih memudahkan pekerja untuk melakukan proses Drilling dan Milling pada satu perkakas yang sama. Sehingga tidak membuang banyak waktu ketika melakukan pekerjaan Milling dan Drilling.

Contoh Mesin Bisnis Industri

Mesin Industri Logam

  1. Mesin Bubut
  2. Mesin Miling
  3. Mesin Gerinda
  4. Mesin Bor
  5. Mesin Shaper / pahat
  6. Mesin Broaching
  7. Mesin gergaji
  8. Mesin Planer

Mesin Usaha Kecil

1. Mesin Alat Kemasan

Mesin Pedal Sealer

Hingga kini, kemasan masih menjadi faktor penting dalam sebuah trik penjualan makanan maupun minuman. Semakin unik kemasan maka peluang interest kepada calon pembeli makin tinggi.
Artinya kemasan memgang peranan penting dalam sebuah industri, dengan kemasan yang menarik maka diharapkan omzet penjualan akan meningkat tajam karena seiring dengan ketertarikan konsumen.

2. Mesin Cup Sealer

Mesin Cup Sealer

Merupakan jenis mesin yang bekerja sebagai penutup kemasan gelasan minuman agar rapih dan tidak mudah bocor. Cukup tarik tuas kebawah dengan kencang dan kini minuman sudah tertutup rapat tanpa khawatir bocor. Untuk harga berkisar antara 2 juta sampai dengan 6 juta rupiah.

3. Mesin Pedal Sealer

Mesin Cup Sealer

Dengan memanfaatkan tenaga listrik dan tarikan kaki, fungsinya lebih cocok untuk pengemasan berbagai produk makanan ringan, produk hasil pertanian/peternakan dan lainnya. Dengan demikian maka hasil kemasan dengan mesin ini lebih kuat dan sangat cocok untuk produk yang agak berat dan dalam jumlah banyak, misalnya beras, jagung dan lainnya.
Untuk harga sesuai dengan tipe barang berkisar, namun kisarannya antara 1,5 juta sampai dengan 3 juta rupiah.

4. Continuous Band Sealer

Continuous Band Sealer

Masih berfungsi sebagai pengemas produk kemasan plastik, sehingga cocok digunakan untuk kemasan pembungkus yang kecil dan memakai system pengontrol suhu elektronik konstan (tetap) dan mekanisme transmisi yang berkecepatan cukup.

Mesin jenis ini dapat menyegel plastic film dari berbagai macam bahan seperi PE, PP, kertas alumunium, dan dapat disesuaikan dengan sistem sulam timbul, serta pengontrol mikro computer tipe terbaru dengan alat pemberi kode kedaluwarsa.  Harga berkisar di 3,5 juta sampai dengan 6 juta rupiah.

Nah itulah ulasan seputar contoh mesin industri lengkap baik sektor industri logam maupun usaha kecil. Semoga bermanfaat..

Bagikan Sekarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *