Skip to content
Beranda » Permasalahan » Mesin Hidrolik Rusak ? Kenali 5 Tanda Selengkapnya

Mesin Hidrolik Rusak ? Kenali 5 Tanda Selengkapnya

mesin hidrolik rusak
mesin hidrolik rusak
Resah hingga kesal sebab mesin hidrolik rusak? Kenali tanda-tandanya yang sering terjadi berikut ini agar memudahkan pemeriksaan lebih lanjut.
Baik itu mesin industri maupun alat berat, keduanya memang sama-sama berpeluang dapat mengalami kerusakan. Lagi dan lagi, faktornya pun beragam seperti minimnya perawatan yang diberikan pengguna, sparepart yang sudah usang, hingga kesalahan teknis. Oleh sebab itu daripada panik, menyelidiki penyebabnya merupakan kunci untuk mengatasi permasalahan mesin lebih cepat.

Tanda Tanda Mesin Hidrolik Rusak

Rasanya memang menjengkelkan ketika mesin mengalami kerusakan sebab sangat mengganggu produktivitas suatu perusahaan hingga mengalami kerugian.

Waspada kerusakan hidrolik jika mesin anda mengalami beberapa tanda berikut ini;

1. Sistem berhenti

Pernah mengalami mesin tiba-tiba berhenti beroperasi secara mendadak?

Mungkin saja ini salah satu penyebab kesalahan teknis yang harus segera diperbaiki. Cobalah untuk mengecek kondisi tekanan mesin, oli, dan memeriksa kebocoran pada komponen lainnya.

2. Getaran yang berlebihan

Jika mesin mengalami getaran yang berlebihan selama mesin beroperasi, artinya terjadi kelainan yang harus ditilik penyebabnya. Kelainan yang disebabkan oleh apa dan di bagian mana, itulah yang harus dicari sumbernya.

3. Terdengar suara asing

Selain getaram, anda juga patut mencurigai sumber suara bising yang berlebihan. Meskipun spele, suara bising juag menjadi tanda kerusakan yang fatal jikatidak segera diperbaiki. Cermati suaranya dan segera perbaiki langsung dari sumbernya.

4. Meningkatnya suhu mesin

Suhu mesin yang melewati batas normal, bisa saja penyebabnya karena mesin mengalami gejala overheat. Jika muncul kondisi ini, sebaiknya segera hentikan aktivitas mesin lalu lakukan pemeriksaan setelah menunggu suhu mesin dingin. Cobalah untuk mengecek level oli mesin, kebocoran, atau lainnya yang patut dicurigai sebagai sumber overheat.

5. Tercium bau asing

Terakhir bau asing pada mesin juga patut anda curigai. Pasalnya, bau asing seperti bau gosong karena kabel terbakar sering melanda mesin. Oleh sebab itu, sebaiknya segera hentikan aktivitas mesin lalu selidiki lebih lanjut.

Solusi Mencegah Mesin Hidrolik Rusak

Nah demikian penyebab atau tanda mesin hidrolik mengalami kerusakan. Sebagai pengguna tentunya kita tidak ingin hal tersebut kembali terjadi lagi. Selain meresahkan, juga mengakibatkan pasokan produksi mesin menjadi terbengkalai.

Berikut solusi untuk mencegah mesin rusak, diantaranya sebagai berikut;

1. Lakukan perawatan rutin

2. Ganti oli secara berkala dengan merek yang sama

3. Membersihkan sisa kerak oli pada permukaan mesin

4. Mengganti sparepart secara berkala, seperti hose, filter, dll

5. Membeli suku cadang asli melalui supplier hydraulic sistem resmi

Itulah tips sederhana tentang penyebab dan solusi mencegah mesin hidrolik rusak. Daripada mengobati terus-menerus, perawatan adalah kunci utama guna mendukung lifetime pada mesin. Semoga bermanfaat..

Bagikan Sekarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *