Beranda » Tips » 4 Cara Memilih Excavator Bekas Berkualitas Walau Second

4 Cara Memilih Excavator Bekas Berkualitas Walau Second

cara memilih excavator bekas
cara memilih excavator bekas

Ingin beli excavator bekas ? Apa saja tips cara memilih excavator bekas ? Sebenarnya banyak tips yang dapat dilakukan baik online & offline. Nah berikut ulasannya.

Dalam mengerjakan suatu proyek besar, sudah pasti suatu perusahaan harus mengadakan pengadaan alat berat demi menunjang efektivitas pekerjaam. Dibandingkan dengan membeli unit baru, nyatanya banyak pengguna yang lebih memilih membeli excavator bekas. Apa alasannya?

Selain biaya jual yang jauh lebih rendah, sebagian besar excavator yang dijual memiliki kondisi mesin yang masih bagus dan layak digunakan dalam jangka waktu panjang. Oleh sebab itu, membeli excavator bekas adalah salah satu cara untuk menghemat dan menyesuaikan dana yang ada agar proyek dapat berjalan.

Cara Memilih Excavator Bekas

Jangan terburu-buru sebelum memutuskan unit kesayangan Anda, sebaiknya lakukan beberapa hal berikut ini dalam menilik syarat dan kualitas terbaik untuk jangka waktu lama.

1. Mengetahui spesifikasi dan model yang tepat

Pada dasarnya setiap merek, model, hingga spesifikasi memiliki cara kerja serta keunggulan tersendiri yang dapat disesuaikan dengan kebuutuhan perusahaan. Pada tahap ini, Anda membutuhkan literasi lebih mendalam baik melalui browsing internet atau bertanya kepada yang lebih ahlinya.

Jangan lupa untuk turut mempertimbangkan aspek lainnya seperti kenyamanan kontrol operator untuk mendukung keselamatan para pekerja lainnya. Dengan demikian, resiko kecelakaan kerja dapat diminimalisir dengan baik agar tidak menimbulkan korban jiwa sebab alat berat excavator menjadi faktor penentu lancar atau tidaknya suatu proyek.

2. Mengetahui lokasi jual alat berat terpercaya

Selanjutnya Anda perlu mengetahui lokasi penyedia penjual alat berat terpercaya. Pastikan si penyedia menyediakan garansi mesin jika sewaktu-waktu mesin hidrolik rusak begitu saja. Ketika Anda mengetikkan lokasi jual alat berat excavator, hasilnya pun beragam.

Oleh sebab itu, jangan tergiur harga murah namun pastikan kredibilitas perusahaan memang terpercaya, salah satunya mendapatkan rating atau testimoni cukup tinggi diberbagai kalangan pengguna alat berat.

3. Memastikan budget yang dialokasikan

“Ada harga, ada rupa.”

Setiap unit sudah pasti memiliki harga tertentu yang disesuaikan dengan kondisi kelayakan mesin serta faktor umur masa pakai sebelumnya. Oleh sebab itu meskipun spele, rasanya sangat penting untuk mengetahui budget yang ditaksir ketika dibeli dalam keadaan bekas.

4. Mengecek keseluruhan mesin

Tips wajib lainnya yakni lakukan pengecekan mesin secara keseluruhan, baik bagian dalam hingga body mesin. Pastikan jangan terburu-buru untuk melakukan kesepakatan pembelian. Hal ini guna memastikan tidak ada mesin dalam kondisi rusak hingga berimbas excavator low power.

Selain itu, tidak ada salahnya untuk mencoba menghidupkan mesin untuk mengetahui kondisi mesin saat dioperasikan. Jangan segan untuk bertanya kepada penjual ketika terdapat sesuatu yang menjanggal terkait kondisi excavator.

Meskipun terkesan paparan sederhana, namun keempat cara memilih excavator bekas diatas setidaknya dapat meminimalisir kerugian akibat salah beli alat berat. Jangan sampai menyesal dikemudian hari karena kondisi yang kurang layak.

Bagikan Sekarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *