Skip to content
Beranda » Hidrolik » Simak 3 Cara Memperbaiki Forklift Rusak Dengan Mudah

Simak 3 Cara Memperbaiki Forklift Rusak Dengan Mudah

cara memperbaiki forklift
cara memperbaiki forklift

Rasanya memang menjengkelkan ketika forklift tidak bisa dioperasikan. Lantas bagaimana cara memperbaiki forklift dengan mudah? Simak ulasan selengkapnya.

Forklift merupakan salah satu heavy equipment yang sering kita jumpai pada pergudangan logistik maupun sektor industri lainnya. Seiring dengan penggunaan terus-menerus, forklift pun rentan mengalami kerusakan ringan hingga berujung fatal jika tidak segera ditangani dengan tepat sehingga melakukan perbaikan forklift tergolong tidak mudah.

Imbasnya, beberapa pengguna harus mengganti sparepart forklift dengan harga yang tidak murah. Pasalnya, hampir seluruh spare part mesin forklift hanya tersedia dari produsen luar negeri.

Penyebab & Cara Memperbaiki Forklift

Jika forklift Anda kini mengalami gangguan, solusinya jangan panik. Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan dalam memperbaiki forklift, diantaranya;

1. Mesin susah dihidupkan

Umumnya kerusakan forklift yang paling sering terjadi yakni forklift susah dihidupkan ketika pagi hari atau kondisi mesin dalam keadaan dingin. Permasalahannya karena glow plug atau busi pemanas, atau bisa juga permasalahan pada kelistrikan busi pijar.

Hal ini bisa disebabkan busi pemanas rusak diantaranya control unit rusak yang control unit itu sendiri berfungsi mengatur timer glow plug, kemudian relay busi pemanas rusak, sekring busi pemanas rusak, dan busi yang telah rusak.

Cek busi pemanas

Cara yang dapat anda lakukan dengan melepas busi pijar dari mesin, kemudian ukur dengan menggunakan avo meter. Jika busi pijar putus tidak menunjukan nilai tahanan, maka busi pijar harus diganti dengan yang baru.

2. Mesin overheating

Tidak hanya kendaraan pribadi, gejala overheating juga sering melanda mesin alat berat, salah satunya forklift.

Penyebabnya, masalah overheating pun kerap muncul dari kerusakan mesin atau spare part lain seperti kepala silinder yang bengkok, packing terbakar, atau tekanan injeksi yang terlampau tinggi. Bisa juga karena kerusakan dari termostat.

Matikan mesin dan tunggu hingga dingin

Jika anda menemukan gejala ini, sebaiknya segera matikan mesin forklift dan tunggu sampai suhu mesinnya kembali normal dan dingin. Kemudian, periksa level air dalam radiator, karena salah satu faktor mesin panas adalah tidak cukupnya air dalam radiator. Jika terdapat indikasi berkurang, tambahkan dengan coolant hingga mencapai batas maksimal.

Lalu sebaiknya nyalakan kembali mesin untuk memeriksa tanda kebocoran air pada sistem pendingin serta pengenduran pada fanbelt. Jika kipas pada mesin berputar normal dan tidak ditemukan kebocoran, bisa dipastikan penyebabnya adalah level air radiator yang berkurang.

Namun, kalau mesin masih terasa amat panas, penyebabnya bisa muncul dari bagian lain. Misalnya valve pada tutup radiator yang seharusnya terbuka saat temperatur mesin naik drastis. Jika valve tidak berfungsi atau mengalami kerusakan, mau tidak mau Anda harus segera menggantinya.

3. Grup Axle bermasalah

Umumnya, grup axle terdiri dari knuckle center pin, king pin, ball crank, dan ball joint. Lalu bagaimana cara memperbaikinya?

Cara pertama yang dapat dilakukan dengan mengendurkan baut pada roda king pin yang akan diperbaiki atau diganti. Namun, Anda cukup melonggarkannya dalam dua atau tiga kali putaran, supaya roda tidak terlepas saat truk belum diangkat.

Kemudian, angkat forklift menggunakan dongkrak hidrolik dan pastikan dongkraknya sesuai dengan kapasitas truk tersebut. Selanjutnya, lepas roda yang bautnya telah Anda longgarkan tadi, lalu kendurkan mur pengunci untuk dipukul sampai keluar.

Setelah itu, periksa semua spare part serta anggota grup axle sebelum melakukan perbaikan. Jika indikasi kerusakan terjadi pada bagian king pin, Anda dapat mengganti dengan spare part baru pada forklift tersebut agar lebih tahan lama.

Ingat, jika gejala kerusakan semakin meluas hingga Anda bingung mungkin tidak ada salahnya untuk segera menghubungi jasa servis hidrolik terdekat terpercaya Anda.

Nah demikian ulasan tip seputar penyebab dan cara memperbaiki forklift secara umum yang dapat Anda lakukan. Semoga dapat membantu meringankan permasalahan mesin forklift Anda saat ini..

Bagikan Sekarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *