Beranda » Hidrolik » Tube Fitting Adalah Sebagai Berikut Ini Penjelasan Lengkap

Tube Fitting Adalah Sebagai Berikut Ini Penjelasan Lengkap

tube fitting adalah
tube fitting adalah

Tube fitting adalah salah satu assesories yang digunakan untuk menyambung dua pipa tubing atau tube dengan ketebalan yang tipis. Biasanya assesories ini banyak digunakan diberbagai mesin industri, manufaktur, hingga unit alat berat.

Meskipun bentuknya pun kecil seperti baut, namun siapa sangka material yang digunakan ikut menentukan kualitas daya tahan dari tube fitting tersebut. Terlebih, tube fittings dapat digunakan berulang kali sesuai kebutuhan.

Biasanya assesories ini terdiri dari satu atau lebih bahan material yang kompatibel yang sesuai untuk sambungan. Alat kelengkapan kompresi untuk memasang tube (tubing) biasanya memiliki ferrules di dalamnya.

Pengertian Tube Fitting Adalah

Seperti yang telah dijelaskan diatas sebelumnya bahwa tube fitting adalah salah satu assesories yang digunakan untuk menyambung dua pipa tubing atau tube dengan ketebalan yang tipis. Tube fitting merupakan penghubung pipa yang mengalirkan fluida bertekanan tinggi. Maka dari itu, tube fittings ini sering digunakan untuk mesin yang sistem bertekanan.

Tubing juga digunakan sebagai penghubung antara saluran proses dengan instrument pengukur tekanan, semisal pressure transmitter dan pressure indicator atau pressure gauge.

Cara Kerja Tube Fitting

Bagaimana cara kerja dari tube fitting ini?

Pada dasarnya, tubing dapat bekerja pada tekanan yang lebih tinggi dan lebih tinggi dari tekanan pipa dan dapat digunakan untuk gas. System Tube Fittings Kompressi sangat berguna dalam instalasi yang mungkin memerlukan pembongkaran sesekali atau pelepasan sebagian untuk pemeliharaan.

Ketika Tubing sudah dimasukkan kedalam Fitting dan dilakukan pemutaran atau pengencangan pada Nut maka Back Ferrule akan didorong oleh Nut secara Rotasi dan beban rotasi dari Nut akan diteruskan menjadi beban axial oleh back Ferrule terhadap front Ferrule, sehingga tidak ada beban puntir antara back Ferrule dan Front Ferrule atau hanya beban axial.

Saat beban Axial Back Ferrule diteruskan terhadap Front Ferrule maka seolah-olah back ferrule hanya mendorong front Ferrule maju ke depan sampai seluruh permukaan Front Ferrule menyentuh Permukaan body fitting atau terbentuk nya Metal Seal diantara Front Ferrule terhadap Body Fitting.

Karena sambungan ini dapat dipotong dan dibuat ulang tanpa mempengaruhi kekuatan sambungan. System Tube Fittings Kompressi juga digunakan dalam situasi di mana sumber panas tidak dapat diguanakan atau tidak tersedianya listrik, khususnya adanya api pengelasan yang dilarang, atau di mana sulit untuk menghilangkan sisa air dari dalam pipa yang mencegah pipa memanas saat melakukan pengelasan

Perhatikan Hal Ini

Meskipun dapat digunakan berulang kali, namun System Tube Fittings Kompressi pada Ferrule tidak dapat digunakan kembali jika dilepas dari tubing, sehingga harus disediakan ferrule baru

Ferrule System Tube Fittings Kompressi perlu dipotong dan ferrule baru harus digunakan. Pada bagian ujung tube harus dipastikan bersih bebas dari berbagai  kotoran yang dapat menganggu sehingga tidak ada sisa demormasi pada ujung tubing. Ini untuk memastikan koneksi tidak bocor dan ferrule dapat menjepit tubing. Sebab fatal dapat berimbas mesin hidrolik rusak.

Kami menjual kebutuhan sparepart assesories tube fitting lengkap dengan berbagai spesifikasi untuk kebutuhan mesin industri. Selengkapnya hubungi kami melalui whatsapp di 08-111-77633 atau email ke info@ciptahydropower.com

Semoga bermanfaat untuk Anda..

Bagikan Sekarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *