Beranda » Tips » Tips Jitu Cara Perawatan Mesin Alat Berat Dengan Mudah

Tips Jitu Cara Perawatan Mesin Alat Berat Dengan Mudah

cara perawatan alat berat
cara perawatan alat berat cipta hydropower abadi

Siapa bilang sulit? Kini ada tips atau cara perawatan mesin alat berat dengan mudah. Performa nyaman cegah downtime bisa anda rasakan sekarang juga.

Bagi kalangan industri, manufaktur, pertanian, maupun pertambangan, alat berat merupakan tools wajib yang digunakan demi mengefisiensikan pekerjaan. Salah satu keunggulannya yakni dapat mengangkan beban berat hingga ratusan kilogram. Beberapa jenis alat berat yang umumnya kita temukan dengan mudah seperti excavator, buldozer, traktor, forklift, dan masih banyak lainnya.

Semua jenis alat berat tentu membutuhkan perawatan secara berkala demi menciptakan performa nyaman tatkala digunakan. Performa nyaman merupakan impian semua pengguna kalangan hidrolik alat berat. Namun, nyatanya, masih saja terdapat pengguna yang malas melakukan perawatan secara berkala. Dampaknya, alat berat mengalami maintenance baik downtime maupun breakdown.

Cara Perawatan Mesin Alat Berat Dengan Mudah

Dengan melakukan perawatan mesin alat berat, secara langsung dapat mencegah mesin dari berbagai kerusakan ringan hingga berat. Hal ini tentu akan menambah mengirit biaya pengeluaran perusahaan jika terjadi kerusakan yang tidak terduga.

Bagaimana cara perawatan mesin alat berat dengan mudah? Berikut ulasan selengkapnya hadir untuk Anda;

1. Cek Mesin Sebelum Digunakan

Ingat ya, jangan langsung mengoperasikan mesin begitu saja. Ada baiknya, anda melakukan pengecekan mulai dari bahan bakar, kondisi mesin, sampai suku cadang mesin.

Selain itu, perhatikan dengan teliti apakah terdapat suara bising atau getaran menganggu. Bila alat berat mengeluarkan bunyi yang tidak wajar, maka kasus tersebut dapat diasumsikan sebagai gesekan hingga penurunan efisiensi kinerja mesin.

Jangan paksakan mesin beroperasi. Sebaiknya, segera lakukan perbaikan agar kerusakan tidak semakin merembet. Sangat beresiko jika mesin dioperasikan dengan paksa, bahkan dapat menimbulkan kecelakaan dalam pengoperasiannya.

Mungkin Anda butuh ini Daftar Bengkel Service Excavator Alat Berat Pertambangan

2. Bersihkan Mesin Secara Berkala

Selain pengecekan diatas, tips lainnya pastikan mesin bebas dari kotoran yang dapat menghambat kinerja komponen mesin. Sebaiknya, bersihkan pada bagian komponen yang sering digunakan, terutama pada beban kerja yang membutuhkan tenaga lebih berat.

Selain itu, anda juga harus dapat mendeteksi umur sparepart kapan kira-kira dapat dilakukan pergantian sebelum terjadi kerusakan.

Jangan lupa, lakukan juga pengecekan terhadap komponen yang berkaitan dengan pelumas serta bahan bakar.

3. Pengecekan Overhaul & CBM

Apa itu overhaul?

Pengecekan overhaul merupakan pengkondisian ulang terhadap komponen alat berat agar tetap sesuai standar yang berlaku.

Sangat disarankan untuk melakukan penjadwalan untuk melakukan CBM (Condition Base Maintenance) untuk menjaga alat berat tetap dalam kondisi semula, atau spesifikasi setting standar seperti keluaran produksi.

4. Lakukan Flushing

Yakin oli hidrolik terbebas dari berbagai partikel kotoran?

Nyatanya tidak. Penggunaan mesin secara intensif dapat memicu level kontaminan pada fluida atau oli hidrolik. Seyogyannya, sebagain besar hidrolik menggunakan bahan bakar berjenis oli. Ketika oli tercampur oleh berbagai partikel kotoran, hal ini dapat menghambat sistem pembakaran pada mesin. Alhasil, tenaga yang dihasilkan pun kurang optimal sehingga mengurangi tingkat kenyamanan pengoperasian.

Solusinya, lakukan teknik flushing di berbagai gerai jasa sistem hidrolik. Flushing membutuhkan beberapa tools canggih serta perhitungan akurat. Oleh sebab itu, pastikan anda memilih jasa flushing oleh ahlinya. Cipta Hydropower Abadi dapat anda jadikan solusi untuk mendapatkan flushing terbaik bagi mesin alat berat.

5. Pastikan Menggunakan Suku Cadang Resmi

Mengapa harus menggunakan suku cadang resmi?

Faktanya, masih terdapat beberapa pengguna yang kerap menggunakan suku cadang abal-abal alias tidak tahu-menahu soal merek. Murah dijadikan alasan agar menghemat pengeluaran alias terjangkau. Namun, sadarkah anda bahay dibalik penggunaan merek abal-abal atau tidak resmi?

Mesin tentu berpotensi anjlok hingga breakdown dalam beberapa waktu. Secara langsung, produksi menjadi terhambat atau terhenti selama mesin masih mengalami perbaikan. Bukankah hal tersebut justru membuat perusahaan merugi?

Menggunakan suku cadang resmi, anda dapat mencegah berbagai kemungkinan kerusakan yang menimpa alat berat. Dengan merek yang telah memiliki sertifikasi, komponen sudah pasti melalui serangkaian tahap uji untuk mesin alat berat.

Dengan memahami dan melakukan tips dan cara perawatan alat berat dengan mudah diatas, secara langsung mesin dapat terhindar dari berbagai kerusakan asalkan perawatan dilakukan secara berkala. Menciptakan performa nyaman pada mesin harus diperlukan kesadaran masing-masing pengguna.

Bagikan Sekarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *