Skip to content
Beranda » Selang » 5 Penyebab Selang Hidrolik Bocor dan Cara Mengatasinya

5 Penyebab Selang Hidrolik Bocor dan Cara Mengatasinya

selang hidrolik bocor
selang hidrolik bocor source google

Faktanya, selang hidrolik bocor dapat menghambat performa mesin. Itulah mengapa anda sebagai pengguna hidrolik harus mengetahui penyebab dan cara mengatasinya dengan tepat.

Selang hidrolik merupakan salah satu komponen yang mempunyai peranan vital. Maka dari itu, pengguna wajib melakukan perawatan secara berkala  pada selang hidrolik. Fungsinya yakni sebagai penghantar fluida untuk dialirkan menuju pompa hidrolik. Setelahnya, fluida diubah menjadi zat cair yang memiliki tekanan tinggi dalam menggerakkan mesin aktuaktor.

Penyebab Selang Hidrolik Bocor

Jika dibandingkan dengan komponen lainnya, selang hidrolik merupakan komponen yang tidak dapat bertahan lama sebab life time hanya berkisar hingga enam bulan. Mengapa?

Selang hidrolik terbuat dari material utama yakni karet. Sejatinya, karet dapat mengalami getas secara alami karena faktor eskternal yakni cuaca. Jika mengalami getas, maka timbul bocor. Kebocoran pada selang secara langsung dapat menghambat kinerja fluida. Akibatnya, mesin menjadi rusak sehingga berimbas pada penurunan produktivitas. Jika sudah begini, siapa yang merugi? Bukankah perusahaan anda yang mengalami imbas tersebut?

Beberapa penyebab selang hidrolik bocor lainnya antara lain sebagai berikut;

1. Paparan Terik Matahari

Seperti yang telah diulas sebelumnya, paparan terik matahari memang menjadi pemicu utama timbulnya getas. Hal ini tidak bisa dihindari sebab mayoritas mesin beroperasi dibawah terik matahari.

Namun anda tidak perlu khawatir. Kini terdapat cara dalam mencegah getas dari terik matahari. Kira-kira apa ya? Mending simak dulu sampai bawah. Lanjutt..

2. Suhu Mesin Bertekanan Tinggi

Selain terik matahari, suhu mesin pun turut menjadi pengaruh besar timbulnya getas pada selang hidrolik.

Tidak jarang beberapa pengguna hidrolik kerap mengalami perubahan suhu mesin menjadi bertekanan tinggi. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya kinerja fluida yang tidak lancar. Selain itu, penggunaan oli yang kurang mendapatkan pergantian secara berkala dapat menyebabkan suhu menjadi tinggi.

3. Kurang Perawatan

Kurang perawatan menjadi salah satu kasus yang sering dijumpai hampir pada seluruh pengguna. Pada umumnya, perawatan pada mesin terbagi menjadi harian, mingguan, bulanan, 6 bulanan, hingga tahunan. Bayangkan, betapa pentingnya eksitensi mesin hidrolik sehingga perawatan yang dilkakukan minimal setiap hari.

Kuncinya, hilangkan rasa malas demi mewujudkan performa nyaman pada mesin. Jika bukan kita, siapa lagi yang akan merawat mesin hidrolik?

4. Kualitas Selang Buruk

Bisa saja produk yang anda gunakan memang memiliki kualitas selang yang buruk. Biasanya, hal ini ditandai oleh penggunaan merek abal-abal atau terjebak pada harga murah. Tidak heran bila harga dengan kualitas memang sejajar.

5. Spesifikasi Selang dengan Mesin Tidak Sesuai

Penyebab terakhir yakni disebabkan oleh kesalahan pengguna yang kurang paham dalam menganalisa spesifikasi mesin serta penggunaan selang. Pada dasarnya, selang hidrolik memiliki spesifikasi tekanan, radius, titik pecah, dsb. Dalam hal ini, memang sebaiknya ditanyakan langsung oleh ahlinya agar tidak terdapat kesalahan dikemudian hari.

Cara Mengatasi Selang Hidrolik Bocor

Bagaimana jika selang hidrolik sudah mengalami getas hingga bocor?

Hanya ada satu cara, yakni ganti selang hidrolik dengan produk kualitas terbaik. Mengapa?

Dengan kualitas terbaik, sudah pasti getas dapat terhindar lebih lambat.

Tips untuk Anda!

Gunakan selang hidrolik bertekanan tinggi untuk cegah getas lebih cepat. Selang hidrolik bertekanan tinggi dieprcaya ampuh dapat menghindari getas pada mesin alat berat, khususnya sektor industri dan pertambangan. Namun tentu saja hal tersebut harus diimbangi dengan perawatan secara berkala.

Lalu dimana bisa mendapatkan selang hidrolik bertekanan tinggi?

Mungkin Anda juga menyukai ini

Jual Hydraulic Hose Terlengkap Untuk Alat Berat Hidrolik

Jual selang hidrolik bertekanan tinggi terpercaya hanya di Cipta Hydropower Abadi. Sebagai distributor resmi yang sudah berkiprah hampir 40 tahu, setia mensupport berbagai perusahaan ternama, baik sektor pertambangan, industri, serta perushaaan manufaktur lainnya. Menghadirkan berbagai merek unggulan ternama yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan hidrolik anda.

Tidak hanya selang hidrolik, namun produk hidrolik lainnya dapat anda temukan dengan mudah disini.

Nah itulah ulasan mengenai selang hidrolik bocor. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi rujukan terpercaya anda. Kenyamanan mesin dimulai dari Anda, kalau bukan anda siapa lagi? Yuk mulai gunakan selang hidrolik berkualitas demi menjaga performa mesin optimal.

Bagikan Sekarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *