Skip to content
Beranda » Hidrolik » Inilah Fungsi Filter Oli Pada Mesin Hidrolik Alat Berat

Inilah Fungsi Filter Oli Pada Mesin Hidrolik Alat Berat

fungsi filter oli
fungsi filter oli source google

Sudah tahu beberapa fungsi filter oli pada sebuah alat berat maupun mesin produksi berbasis hidrolik? Tanpa peranan sebuah filter, komponen mesin menjadi lebih cepat rusak sebab oli yang dihasilkan mempunyai kualitas buruk. Buruknya kualitas tersebut disebabkan oleh partikel kotoran yang berasal dari debu udara ketika sedang mengoperasikan mesin.

Padahal, salah satu indikator dalam menciptakan kualitas performa tenaga optimal yakni dari oli hidrolik. Jika kondisi oli saja sudah tidak mendukung, lantas performa mesin pun menjadi jebol. Berbagai kerusakan ringan hingga fatal tak dapat terhindarkan lagi.

Fungsi Filter Oli Pada Mesin Hidrolik

Fungsi filter oli pada mesin hidrolik yakni sebagai penyaring fluida hidrolik, dan semua jenis kotoran tidak dapat dihindari dalam sistem hidrolik. Berarti, filter oli dapat menyaring level kontaminan pada oli agar terbebas dari kotoran.

Lalu apa peranan fungsi oli pada mesin sistem hidrolik?

Fungsi utama sebuah oli dalam hidrolik berperan sebagai fluida yang dapat memindahkan tenaga dengan ke sistem hidrolik seperti halnya petroleum oli yang terkompresi kira- kira 1- 1.5% pada tekanan 20.685 kPa atau 3000 psi dan petroleum oli dapat dijaga volumenya untuk tetap kostan pada tekanan yang tinggi.

Oleh sebab itu, maka keseimbangan viskositas oli atau fluida harus dijaga serta diperhatikan dengan meninjau peranan dari sebuah filter oli hidrolik.

4 Tips Mencari Filter Hidrolik Berkualitas

Harus diingat. Pergantian filter hidrolik secara berkala dilakukan ketika telah melewati 6000 jam pemakaian. Diatas angka tersebut, besar kemungkinan filter hidrolik sudah rusak dan tidak dapat bekerja dengan optimal dalam melakukan fungsinya sebagai penyaring kotoran oli hidrolik.

Baca Juga Ini Tips Jitu Cara Perawatan Mesin Alat Berat Dengan Mudah

Secara langsung, komponen filter tersebut sudah menjadi kebutuhan wajib bagi pengguna. Pasalnya, hingga saat ini masih banyak produk abal-abal bersliweran yang belum tentu jelas sisi kualitas produk.

Agar anda tidak terjebak pada produk filter oli hidrolik abal-abal, berikut cek tips mudah mencari filter hidrolik berkualitas selengkapnya berikut ini;

1. Merek Favorit

Tips yang pertama, anda harus mengetahui terlebih dahulu beberapa merek favorit yang biasanya kerap dijadikan pilihan pengguna hidrolik. Semakin banyak merek tersebut digunakan, maka kualitas pun ikut terdongkrak dan tidak diragukan lagi.

Beberapa rekomendasi merek filter favorit yakni Stauff dan Rexroth. Produk garapan asal Jerman tersebut sudah terjamin kualitasnya melalui pengerjaan berstandar internasional, serta dipakai hampir diberbagai belahan negara manapun.

2. Tahu Spesifikasi Tepat

Setelah mengetahui merek, anda juga wajib untuk mengetahui spesifikasi filter tepat untuk digunakan pada mesin. Awas, salah ukuran malah bikin jebol mesin.

Setiap merek memiliki beragam spesifikasi serta ukuran yang dibutuhkan oleh pengguna. Belanja filter dengan ragam spesifikasi terbaik hanya di Cipta Hydropower Abadi. Konsultasikan filter anda melalui Customer Service Cipta Hydropower Abadi melalui nomor WA 08111-77633.

3. Pertimbangkan Harga

Pada dasarnya, harga ikut menentukan kualitas sebuah produk. Mempertimbangkan harga bukan berarti anda memilih produk yang murah. Ingat, murah belum tentu memiliki kualitas terbaik bagi performa mesin.

Pertimbangkan harga mulai dari merek, spesifikasi dan harga.

4. Cari Distributor Resmi

Setelah mengetahui produk dengan merek tepat, selajutnya kemana anda akan membeli filter tersebut?

Beberapa pengguna hidrolik profesional lebih memilih distributor resmi sebab berbagai keunggula, diantaranya;

-Harga terjangkau

-Spesifikasi lengkap

-Merek terjamin resmi

-Pengerjaan berstandar SOP

-Langsung ditangani oleh ahlinya

Distributor resmi hidrolik hanya Cipta Hydropower Abadi. Kunjungi di berbagai cabang kota terdekat Anda atau hubungi selengkapnya melalui WA 08111-77633.

Demikian ulasan lengkap mengenai fungsi filter oli serta beberapa tips jitu dalam meimilih filter hidrolik. Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai rujukan.

Bagikan Sekarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *