Skip to content
Beranda » Selang » Ganti Selang Hidrolik Harus Perhatikan 4 Syarat Berikut Ini

Ganti Selang Hidrolik Harus Perhatikan 4 Syarat Berikut Ini

ganti selang hidrolik
ganti selang hidrolik

Ketika sudah tiba jadwal ganti selang hidrolik, sebaiknya anda wajib perhatikan empat syarat berikut ini agar tidak berujung kesalahan teknis yang justru malah bikin bocor. Simak selengkapnya disini.

Tidak seperti dengan komponen lainnya, selang hidrolik merupakan spare part mesin yang dapat terbilang paling rapuh usianya sebab normalnya dipakai rentang 3 sampai 6 bulan saja. Hal ini wajar mengingat material pembuatan hose terbuat dari karet yang dapat rusak karena suhu panas.

Meskipun sudah lewat waktu penggunaan namun hose masih terlihat baik-baik saja, jangan dianggap spele pasalnya getas dan bocor bisa terjadi kapan saja terlebih jika mesin bekerja di luar ruangan yang terpapar terik matahari secara langsung tanpa proteksi perlindungan.

4 Syarat Ganti Selang Hidrolik

Jangan sembarangan asal ganti hose begitu saja, berikut perhatikan empat syarat ketika mengganti selang hidrolik agar peluang kesalahan teknis dapat diminimalisir.

1. Pastikan ukuran hose tepat

Ukuran selang hidrolik yang baru haruslah sesuai dengan ukuran selang yang akan digantikan. Jadi anda perlu memastikan bahwa spesifikasi hose lama dengan hose baru memang sesuai.

Sebab jika hose yang akan digunakan terlalu kecil, maka kapasitas cairan yang akan dialirkan dapat berkurang dan meningkatkan temperatur dalam sistem. Imbasnya, mesin menjadi mengalami permasalahan downtime hingga breakdown yang mungkin menganggu kinerja perusahaan anda.

Jadi, pilihlah ukuran hose hydraulic yang persis sama dengan yang sebelumnya digunakan untuk mencegah hal diatas.

2. Pressure kerja maksimum

Selain mengetahui ukuran yang tepat, pengguna juga harus mengetahui besar tekanan atau pressure maksimum pada selang hidrolik. Sebab sangat fatal jika hose tersambung dengan pressure yang tidak tepat. Jika terjadi, maka mesin mengalami kesalahan kerja sehingga berbagai kerusakan dapat terjadi dengan mudah.

Untuk mengetahui spesifikasi yang dibutuhkan, tidak ada salahnya untuk membaca buku panduan mesin pabrikan atau bertanya kepada yang ahlinya mesin hydraulic system.

3. Temperatur operasi & kompatibilitas fluida

Setiap hose sudah dilengkapi dengan rentang temperatur operasi yang tetap sehingga komponen ini hanya dapat mengalirkan fluida yang spesifik dan sesuai dengan kondisi hose. Mudahnya, spesifikasi selang hidrolik dengan fluida harus sesuai serta seimbang.

Selain membuat umur hose berkurang, penggunaan hose yang berada di luar temperatur spesifik dan mengalirkan fluida yang tidak cocok juga dapat menyebab komponen menjadi lebih cepat rusak.

4. Menyesuaikan kondisi lingkungan mesin

Secara umum, mesin hanya akan beroperasi pada dua tempat yakni indoor dan outdoor. Berdasarkan jenis tempatnya, tentu spesifikasi hose yang dibutuhkan juga berbeda. Mesin yang beroperasi diluar ruangan membutuhkan ketahanan suhu dan pressure yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan mesin yang beroperasi didalam ruangan.

Saat ini sudah banyak produk selang hidrolik berkualitas yang mendukung spesifikasi serta kondisi mesin baik didalam ruangan maupun luar ruangan. Agar terhindar dari kualitas abal-abal, sebaiknya pesan hose melalui distributor resmi terpercaya.

Selain beberapa hal yang sudah disebutkan di atas, jangan lupa juga untuk mengecek kondisi selang hidrolik Anda. Jika hose sudah menunjukkan indikasi seperti kaku, penyok, getas, atau bahkan pecah, baiknya segera diganti, ya! Semoga ulasan diatas dapat membantu Anda.

Bagikan Sekarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *