Beranda » Hidrolik » Pengertian Excavator dan Fungsi Dalam Lingkup Industri

Pengertian Excavator dan Fungsi Dalam Lingkup Industri

Pengertian Excavator
pengertian excavator source google.com

Apa itu excavator? Pengertian excavator atau mesin pengeruk secara umum adalah alat berat yang terdiri dari mesin di atas roda khusus. Kata “excavation” yang berasal dari bahasa Inggris yang berarti “penggalian” atau mesin penggali. Alat ini dilengkapi dengan beragam komponen, umumnya yakni lengan (arm), alat pengeruk (bucket), keranjang dan rumah rumah dalam sebuah wahana putar dan digunakan untuk penggalian (ekskavasi).

Alat berat ini biasanya sering ditemukan pada project penggalian atau pengerukan tanah yang jumlahnya sangat besar sehingga sangat mustahil dilakukan oleh manusia. Namun, tidak jarang juga penggunaan alat ini untuk mengeruk endapan lumpur di atas air kanal. 

Uniknya, di Indonesia kita sering menyebut dengan istilah Bego atau Beko untuk menyebut benda tersebut. Namun jangan salah, istilah Bego berasal dari bahasa Inggris dari kata “Backhoe”, yakni excavator mini yang ditempelkan pada bagian belakang mesin traktor, seperti backhoe loader atau mesin traktor lainnya.

Baca Juga : Perhatikan Hal Berikut Ini Sebelum Mengganti Oli Hidrolik

Fungsi Excavator

Pada umumnya, fungsi dari sebuah excdavator yakni untuk mengeruk tanah dengan kedalaman tertentu. Itulah imbas dari teknologi yang bertujuan memudahkan pekerjaan manusia. Tanpa excavator, bisa saja sebuah pekerjaan menjadi sangat lama bahkan menghabiskan bertahun-tahun.

Sebuah excavator nyatanya tidak hanya digunakan untuk menggali tanah saja. Namun tahukah anda fungsi lainnya? Berikut fungsi lainnya yakni sebagai;

  1. Untuk Menancapkan batang pondasi
  2. Untuk Menggali parit, lubang, pondasi bangunan
  3. Untuk Pekerjaan kehutanan
  4. Untuk Penanganan material
  5. Untuk Memotong semang dengan alat khusus
  6. Untuk Pengerukan sungai
  7. Untuk Pertambangan, terutama pertambangan pit terbuka
  8. Untuk Penghancuran batu, tanah, atau kontimen lainnya. 
  9. Untuk Perataan tanah
  10. Untuk Angkut benda berat

Lalu apa saja bagian excavator?

Salah satu unit terpenting dalam excavator yakni selang hidrolik atau yang biasa disebut dengan hose. Hose merupakan piranti sebagai penghantar fluida berupa oli ke komponen engine. Nah, pastikan anda mengganti hose secara berkala agar tidak menimbulkan bahaya di area kerja, salah satunya kebakaran pada engine.

Sekian ulasan mengenai pengertian excavator dan fungsinya. Semoga dapat menambah wawasan kita bersama seputar excavator. 

 

Bagikan Sekarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *