Skip to content
Beranda » Pemasangan » Perhatikan Hal Berikut Ini Sebelum Mengganti Oli Hidrolik

Perhatikan Hal Berikut Ini Sebelum Mengganti Oli Hidrolik

mengganti oli hidrolik
mengganti oli hidrolik source google.com

Sebagian orang mengaku kesulitan saat mengganti oli hidrolik, apakah anda salah satunya? Cara mengganti oli hidrolik tidaklah serumit yang anda bayangkan, namun tetap harus dilakukan dengan hati-hati agar terhindar dari kerusakan lainnya. 

Sebelum mengganti oli hidrolik pada mesin anda, apa saja yang harus diperhatikan agar terhindar dari kesalahan pengguna? Berikut ulasan selengkapnya di bawah ini;

1. Jangan Nyalakan Mesin

Ketika anda hendak mengganti oli, sangat dilarang keras menyalakan mesin terutama saat tangki bahan bakar, rongga pompa hidrolik dan motor tidak diisi oli. Hal ini sangat berbahaya.

2.  Gunakan Kacamata Pelindung

Sangat disarankan untuk menggunakan kacamata kerja pelindung guna terhindar dari material kimia yang dapat merusak mata. Safety is number one.

3. Penempatan Blok Harus Sesuai atau Tepat

Dalam proses penggantian oli, blok harus ditempatkan sebelum dan sesudah crawler, dan berdiri di bawah ember atau dalam jangkauan tindakan bucket, bucket pole dan arm. 

Baca Juga : Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Instalasi Pipa Hidrolik

4. Tempatkan Sistem di Tanah Lapang

Saat anda hendak melakukan pembongkaran sambungan pipa, pastikan sistem yang dibongkar ditempatkan bebas outdoor tanah lapang. Sebisa mungkin hindari arah kebocoran yang terderteksi. 

Saat proses pembongkaran sedang berlangsung, usahakan jangan merusak permukaan dan ulir sambungan setiap sambungan pipa sistem hidrolik sebab akan memperparah part yang ada.

5. Beri Peringatan 

Ketika sedang memutar atau berjalan di bagian atas excavator, berikan peringatan dengan menekan tanduk. Jangan berdiri berdiri di sisi atas, juga di lintasan dan di dalam kisaran putaran.

6. Jangan Merokok

Dilarang keras untuk merokok di sekitar area pembongkaran atau pergantian oli, sebab api  dapat berpotensi menimbulkan percikan api yang membesar.

7. Selesaikan Hari Itu Juga

Ketika mengganti oli, sebaiknya segera selesaikan hari itu juga. Hindari proses mengganti berubah menjadi malam hari, sebab terdapat bahaya yang mengintai. 

Mengapa malam hari terasa dingin? Uap air di udara otomatis mengembun, lalu berubah menjadi tetesan air atau embun beku. Hal tersebut dapat memicu karat atau korosi pada bagian logam sehingga masalah menjadi merembet. 

Yuk tanamkan perilaku cerdas dan selektif sebelum bekerja. Pastikan anda dan lingkungan disekitar aman dari bahaya ketika hendak melakukan pergantian oli hidrolik secara berkala.

Bagikan Sekarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *