Beranda » Selang » Usaha Selang Hidrolik Cukup 5 Langkah Mudah Ini Saja!!

Usaha Selang Hidrolik Cukup 5 Langkah Mudah Ini Saja!!

usaha selang hidrolik
usaha selang hidrolik

Tertarik membuka bisnis hidrolik? Mungkin usaha selang hidrolik ini dapat menjadi pilihan tepat  anda. Simak 5 langkah mudahnya berikut ini.

Pada dasarnya, setiap bisnis apapun mempunyai peluang keuntungan jika dilakoni dengan tekun dan gigih. Namun memang dalam menentukan jenis bisnis, calon pembisnis sering dilanda bingung hingga kesulitan dalam mempersiapkan keseluruhannya termasuk modal.

Jika anda mempunyai basic dalam dunia mesin industri, mungkin bisnis selang hidrolik dapat menjadi pilihan tepat untuk anda

Usaha Selang Hidrolik

Tahukah anda?

Hingga detik ini, bisnis hydraulic hose dapat dikatakan cukup potensial khususnya bagi anda yang bermukim di perkotaan besar. Pasalnya, makin banyak penggelut perusahaan industri dalam sektor makanan, minuman, alat mandi, sepatu, pakaian, dan masih banyak lainnya. Mayoritas, alat produksi yang digunakan sudah mengacu pada mesin hydraulic system.

Nah, dalam mesin sistem hidrolik inilah biasanya dibutuhkan pergantian selang hidrolik secara berkala minimal tiga bulan sekali. Sebab, selang hidrolik yang terbuat dari karet ini tidak dapat bertahan lama karena sifat getasnya yang alami rusak.

Kesimpulannya, bisnis selang hidrolik selalu dibutuhkan oleh pengguna sektor industri dalam pergantian sparepart hydraulic system. Jadi, jangan khawatir bisnis anda terancam gulung tikar karena tidak laku atau produk yang kadaluarsa.

5 Cara Memulai Usaha Toko Selang Hidrolik

Sebelum memutuskan untuk mulai menggeluti usaha hidrolik ini, anda perlu membutuhkan panduan dalam memuali usaha toko selang hidrolik secara mudah. Meskipun ketika dilakukan terbilang sulit, setidaknya dengan membaca ulasan dibawah ini anda memiliki gambaran terkait apa saja yang harus dipersiapkan.

1. Menentukan brand hose

selang hidrolik

Ini yang paling penting. Anda harus menentukan brand atau merek selang hidrolik yang sering digunakan oleh banyak pengguna. Tapi, bagaimana caranya?

Cobalah untuk melakukan riset secara mendalam melalui toko online shop atau distributor hidrolik terdekat anda. Lalu tentukan brand manakah yang paling banyak digunakan? Meskipun hasil yang anda dapatkan, setidaknya dari sini anda dapat menarik benang merah satu atau beberapa brand yang paling laku di pasaran salah satunya brand hose Yokohama dan Eaton (Danfoss).

2. Membeli mesin press hose

mesin press hose

Cukup dengan bermodal beberapa mesin, terutama mesin press hose, anda bisa memulai usaha toko selang hidrolik ini.

Mesin press hose ini tentu menjadi andalan utama proses produksi dalam usaha selang hidrolik dalam merakit hose yang berspesifikasi tekanan sangat tinggi sehingga mampu menghasilkan kualitas hose atau selang yang tepat.

Dalam kerjanya, mesin press hose memanfaatkan sistem udara tekanan tinggi untuk membentuk sebuah selang dari bahan karet kualitas terbaik. Mesin press akan merapatkan partikel karet hingga dalam komposisi yang sangat rapat.

Selain itu, mesin press hose juga bisa membuat pipa hidrolik. Sistem pembuatannya sama, hanya saja mesin press hosenya harus yang memiliki tekanan lebih besar, karena pipa terbuat dari bahan baja yang keras. Biasanya industri besar macam pertambangan dan industri besar lain lebih memilih pipa hidrolik karena lebih tahan tekanan dan lebih tahan lama.

Ketika memilih mesin press, pastikan jenis mesin yang anda pilih memiliki kualitas bagus dan lifetime panjang. Untuk harga bermacam-macam mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta. Tidak ada salahnya untuk mencari tahu kelebihan serta kekurangan tiap mesin yang hendak anda pilih.

3. Merincikan anggaran secara detail

budget usaha

Tahapan penting selanjutnya ialah merincikan anggaran secara detail yang diperlukan. Hal ini agar anda mengetahui pengeluaran modal awal yang dikeluarkan secara keseluruhan.

Asumsi omset bulanan adalah Rp.6.000.000,- (rata2 perhari sekitar 200rb), maka keuntungan anda sekitar Rp.3.000.000,-/bulan. Dengan modal alat sejumlah Rp.36.650.000,-, maka diperlukan waktu 1 tahun untuk balik modal.

Berikut perkiraan modal awal yang diperlukan;

  • Mesin Pres Finn Power P-16 Rp.34.000.000,-
  • Gerinda Potong Hitachi 14″ Rp.1.500.000,-
  • 5 buah pisau gerinda 14″ Rp.150.000,-
  • Obeng tang gergaji pahat dll (kunci kecil) Rp.350.000,-
  • Bais jepit Rp.650.000,-
  • Stok selang hidrolik 10 meter ukuran 1/4″ sd 1″ dengan spesifikasi R1, R2, R12 dan 4SP Rp.10.395.000,-
  • 4 Kepala nepel/fitting setiap ukuran selang 1/4″ sd 1″yang sering dipakai sekitar Rp.10.800.000,-
  • 10 busing/ferrule 1/4″ sd 1″ sekitar Rp.1.300.000,-
  • Total Modal Alat dan Bahan adalah Rp.36.650.000,- dan bahan adalah Rp.22.495.000,-

4. Membangun relasi melalui digital marketing

digital marketing

Dari keseluruhan tahapan, inilah yang terbilang cukup sulit yakni mencari relasi perusahaan yang dapat dijadikan sebagai peluang klien atau customer. Mungkin pada awal-awal pembukaan, anda merasa sulit untuk menjual produk karena masih banyak yang belum tahu kehadiran bisnis anda.

Oleh sebab itu, anda perlu memanfaatkan strategi melalui digital marketing. Anda dapat memanfaatkan melalui media sosial, SEO, SEM, Facebook Ads, hingga pembuatan Youtube. Tujuannya agar khalayak luias khususnya target pasaran anda mengetahui bisnis anda sehingga berminat membeli hose yang anda jual.

Buatlah konten sekreatif mungkin namun tetap sesuaikan sesuai target pasaran anda. Manfaatkan fitur edit foto seperti aplikasi Photoshop agar memiliki tampilan lebih menarik.

5. Menjadi franchise dari distributor resmi

franchise selang hidrolik

Tidak ingin repot mengelola semuanya?

Tidak ada salahnya untuk mencoba bisnis franchise. Baik produk, layanan, hingga marketing semuanya telah diurus oleh distributor resmi. Anda tinggal fokus omset jual produk dan membangun relasi lebih luas.

Keuntungan menjadi bagian franchise dari distributor hidrolik Cipta Hydropower Abadi yakni;

  • Tersedia produk hydraulic system lengkap, termasuk selang hidrolik serta assesories lainnya
  • Layanan instalasi, servis, hingga konsultasi lengkap
  • Digital marketing termanajemen dengan apik
  • Sudah mendapat relasi ratusan perusahaan hidrolik
  • Menggunapan SOP berstandar nasional
  • Berpengalaman hydraulic system sejak tahun 1982

Untuk informasi bisnis franchise usaha selang hidrolik Cipta Hydropower Abadi, anda dapat menghubungi melalui whatsapp di 080-111-77633 atau email ke info@ciptahyropower.com

Semoga bermanfaat. Semoga sukses dan jangan lupa berdoa..

Bagikan Sekarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *