Skip to content
Beranda » Pemasangan » Pengertian Lubrikasi Mesin dan Fungsinya, Intip Disini

Pengertian Lubrikasi Mesin dan Fungsinya, Intip Disini

lubrikasi mesin
lubrikasi mesin source google.com

Anda pengguna alat mesin berat? Istilah lubrikasi mesin pasti sudah tidak asing terdengar ditelinga kita. Lubrikasi umumnya ditemukan pada kendaraan mesin baik kendaraan pribadi maupun alat berat seperti excavator, crane, forklift, dan lain sebagainya. Apa itu lubrikasi mesin?

Pengertian Lubrikasi Pada Mesin

Anda harus tahu ini. Lubrikasi atau pelumasan adalah sebuah teknik proses dalam mengurangi gesekan serta gejala aus atas salah satu atau kedua permukaan yang saling bersentuhan dan bergerak relatif terhadap satu sama lain, dengan memberikan zat pelumas diantara keduanya.

Secara sederhana, istilah pelumasan dapat diartikan sebagai proses pelumasan pada sistem mesin yang bertujuan mengurangi keausan mesin. Ketika mesin berkerja, piston saling bergesekan satu juta gesekan setiap kali mesin hidup. Piston inilah yang sangat rentan mengalami keausan bisa tidak diberikan zat lubrikasi dengan optimal dengan menggunakan oli yang tepat.

Tahukah anda?

Hal ini juga beralaku pada kendaraan pribadi anda, sebut saja mobil. Tahukah anda mengapa oli cepat berubah warna menjadi hitam? Padahal sejatinya warna oli memiliki warna cerah, namun ketika sudah mengalami masa pakai berubah menjadi hitam pekat.

Ini faktanya. Piston yang bergesekan menghasilkan remah-remah atau serpihan mesin yang ikut tercampur dalam oli mesin. Inilah yang mengakibatkan oli cepat berubah menjadi hitam. Tentu kondisi ini sangat tidak baik bila didiamkan terus berlanjut. Oleh sebab itu, sebaiknya lakukan pergantian oli secara berkala.

Baca Juga : Kenali Jenis Oli Hidrolik yang Berkualitas Untuk Mesin

Fungsi Lubrikasi Pada Mesin

Sistem lubrikasi pada mesin berfungsi  untuk melumasi berbagai macam komponen mesin yang memerlukan pelumasan secara khusus dan menyediakan oli bersih pada lokasi mesin. Hal ini bertujuan agar oli yang digunakan dapat bertahan pada suhu bertekanan tinggi.
Pelumasan juga berfungsi untuk menjaga kestabilan oli agar pemakaian oli lebih rendah sehingga jadwal perganyian oli pun lebih panjang.

Beberapa fungsi pelumasan lainnya pada mesin yakni diantaranya;

1. Memidahkan panas

2. Mencegah korosi atau aus

3. Meneruskan tenaga

4. Dapat meredam beban terkejut

5. Mengurangi ketegangan pada bidang kontak

6. Mengontrol gesekan

7. Melawan oksidasi

Sangat bermanfaat sekali bukan? Oleh sebab itu pastikan kendaraan anda dapat terlumasi dengan baik untuk mencegah berbagai macam korosi. Pastikan pada ahlinya !

Nah itulah ulasan mengenai pelumasan. Semoga dapat bermanfaat untuk anda..

Bagikan Sekarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *