Skip to content
Beranda » Hidrolik » Penjelasan Sistem Hidrolik Adalah Sebagai Berikut Ini

Penjelasan Sistem Hidrolik Adalah Sebagai Berikut Ini

sistem hidrolik adalah
sistem hidrolik adalah source google

Apa itu sistem hidrolik? Sistem hidrolik adalah sebuah komponen dalam mesin yang umumnya menggunakan bahan cair atau liquid sebagai modal penggerak mesin aktuaktor. Sebelum menjadi tenaga, fluida inilah terlebih dahulu dialirkan kedalam pompa hidrolik untuk selanjutnya diubah menjadi torsi.

Sistem Hidrolik Adalah Sebagai Berikut Ini

Secara sederhana, penjelasan dari sistem hidrolik adalah sebuah mekanisme pemindahan tenaga menggunakan media zat cair berupa fluida. Sistem hidrolik tersebut menaplikasikan hukum Pascal yang berbunyi “Tekanan yang diberikan pada zat cair di ruang tertutup, maka akan diteruskan ke segala arah”.

Perlu diingat, sistem hidrolik hanya bekerja pada satuan poros vertikal maupun horizontal.

Jika ditilik lebih dalam, kini keberadaan sistem hidrolik sangat berperan penting dalam menunjang sektor kehidupan. Sebut saja salah satunya yakni alat transportasi seperti motor, mobil, hingga pesawat terbang pun kerap menggunakan hidrolik.

Bagaimana prinsip kerja sistem hidrolik?

Prinsip Kerja Sistem Hidrolik Adalah Sebagai Berikut

Sebenarnya sangatlah mudah dalam memahami prinsip kerja sistem hidrolik. Berikut penjelasannya.

Secara sederhana, gaya diberikan pada satu titik dan berpindah ke titik lainnya dengan menggunakan cairan yang dimampatkan. Cairan inilah yang disebut dengan fluida. Fluida dapat berupa minyak maupun oli. Perhatikan gambar berikut ini.

prinsip sistem hidrolik

prinsip sistem hidrolik

Sistem hidrolik sederhana terdiri dari dua buah piston dan pipa yang sudah berisi fluida yang sudah terhubung dengan satu sama lainnya. Jika memberikan gaya ke bawah pada piston bagian kiri, maka selanjutnya gaya akan ditansmisikan ke dalam piston dibagian kanan melalui cairan fluida.

Perlu diingat, jangan sampai piston maupun pipa mengalami kebocoran sebab akan sangat mengganggu kinerja dari fluida.

Sistem hidrolik juga bisa dikatakan berupa garpu sebab satu master silinder dapat mendorong lebih dari satu slave silinder yang diinginkan.

Cara Mudah Merawat Sistem Hidrolik

Siapa bilang merawat sistem hidrolik dianggap susah dan menyusahkan? Nyatanya tidak loh.

Sebagus apapun mesin hidrolik, sudah pasti kerap membutuhkan perawatan rutin maupun ekstra demi menjaga keseimbangan mesin yang lebih optimal.

Sebagai pengguna, merawat sistem hidrolik sudah menjadi kewajiban pengguna untuk meminimalisir kerusakan lebih cepat. Bagaimana caranya?

Simak cara mudah merawat sistem hidrolik dibawah ini;

1. Perhatikan Life Time Selang Hidrolik

Selang hidrolik merupakan salah satu komponen yang umumnya terdapat pada alat mesin berat seperti excavator, forklift, crane, dozer, dan masih jenis lainnya.

Salah satu permasalahan umum yang tidak bisa dihindarkan yakni sifat getas pada selang. Selang dibuat dari karet dengan campuran material tembaga dan kawat. Namun tetap saja sifat getas tidak bisa dihindarkan.

Pada umumnya, selang hidrolik memiliki umur kisaran 3 – 6 bulan. Sebaiknya jangan tunggu selang hidrolik rusak baru dilakukan pergantian. Ini fatal.

Sangat dianjurkan untuk mengganti selang hidrolik sebelum mencapai 6 bulan. Hal ini dimaksudkan agar kebocoran tidak terjadi pada selang. Imbasnya, jika selang mengalami kebocoran maka sudah pasti akan menghambat kinerja fluida. Akibatnya, mesin menjadi panas hingga memicu terjadinya gejala overheating.

2. Perhatikan Oli

Semua kendaraan pastinya membutuhkan oli untuk melumasi mesin agar tidak terjadi korosi. Tidak hanya pada kendaraan, penggunaan oli juga dibutuhkan pada alat berat. Oli pun juga dialihfungsikan menjadi fluida.

Fluida merupakan cikal bakal energi yang dapat menggerakkan beban hingga totalnya mencapai ratusan kilogram. Cikal bakal energi inilah yang akan diubah terlebih dahulu menjadi torsi dalam pompa hidrolik.

Perlu diketahui, bahwa setiap jenis oli hidrolik mengandung tingkatan SAE yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi mesin. Oleh sebab itu, maka pastikan mesin anda menggunakan oli tepat.

Jika salah dalam penggunaan spesifikasi oli, imbasnya tentu kenyamanan mesin menjadi kurang optimal.

3. Bersihkan Kotoran Debu & Oli

Penggunaan mesin dengan durasi intens dan berkala, tidak ayal dapat menyebabkan kotoran menempel dengan mudah pada permukaan mesin. Hanya ada dua pilihan, membersihkan atau membiarkan.

Faktanya, beberapa pengguna lebih memilih membiarkan kondisi tersebut. Hal tersebut justru menjadi cikal bakal tenaga menjadi brebet atau hialangnya tenaga pada mesin. Mengapa?

Ini penjelasannya. Semakin kecil kotoran semakin berpeluang besar masuk kedalam filter udara. Filter udara memiliki fungsi sebagai penyaring kotoran kedalam mesin untuk selanjutnya diubah menjadi tenaga.

Jika filter udara semakin menumpuk kotoran, maka kinerja filter udara menjadi terganggu. Imbasnya, mesin menjadi kehilangan keseimbangan sebab partikel kotoran menyatu dalam proses mesin. Dampak yang sangat signifikan yakni tenaga hilang alias brebet.

4. Inspeksi Rutin Alat Berat

Bagi sebagian perusahaan besar, inspeksi alat berat tambang menjadi kegiatan yang wajib dilakukan dengan bertujuan meminimalisir kerusakan pada mesin.

Inspeksi alat berat dilakukan secara periode, baik harian, bulanan, hingga tahunan. Dengan adanya inspeksi alat berat, laporan kondisi fisik mesin dapat tercantum secara terorganisir dan rapih dalam satu laporan. Selanjutnya, laporan inilah yang nantinya akan diserahkah pada pihak atasan untuk segera ditindaklanjuti.

Namun, nyatanya beberapa perusahaan masih bingung dalam mennetukan partner inspeksi alat berat dengan kualitas terbaik. Sebab, inspeksi alat berat memang harus dilakukan oleh teknisi yang berpengalaman serta profesional dibidangnya.

Cipta Hydropower Abadi sebagai distributor resmi serta service hydraulic system & lubrication system menawarkan inspeksi alat berat tambang secara tepat dan maksimal oleh ahlinya. Dengan tenaga ahli dan profesional, inspeksi alat berat dapat dilakukan dengam optimal dan maksimal.

Demikian ulasan mengenai penjelasan sistem hidrolik, prinsip sistem hidrolik, serta cara mudah melakukan perawatan sistem hidrolik. Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai rujukan terpercaya Anda.

Baca ulasan menarik lainnya hanya di Hydraulic Hose.

Bagikan Sekarang
Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *